nusabali

PDIP Kerahkan Kekuatan ke Karangasem

Fraksi PDIP DPR RI, DPRD Bali, Kader Eksekutif Berjibaku Menangkan Dana-Dipa

  • www.nusabali.com-pdip-kerahkan-kekuatan-ke-karangasem

Anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Buleleng, Gianyar, dan Klungkung dapat tugas masing-masing kawal 2 desa di Karangasem untuk menangkan Dana-Dipa

DENPASAR, NusaBali

PDIP berjuang total untuk merebut kursi Bupati-Wakil Bupati Karangasem melalui Pilkada 2020. Seluruh kekuatan dikerahkan untuk membombardir Karangasem, mulai dari anggota Fraksi PDIP DPR RI Dapil Bali, anggota Fraksi PDIP DPRD Bali yang daerah nya tidak ber-Pilkada, hingga kader ekskutif yang daerahnya tidak ber-Pilkada.

Ketua DPD PDIP Bali, Wayan Koster, yang kini menjabat Gubernur Bali, juga ikut kawal pemenangan partainya di Pilkada Karangasem 2020. Semua kekuatan dikerahkan untuk memenangkan pasangan I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa (Paket Dana-Dipa), Calon Bupati-Calon Wakil Bupati Karangasem yang diusung PDIP bersama Hanura.

Dalam Pilkada Karangasem, 9 Desember 2020 mendatang, Paket Dana-Dipa akan tarung head toi head melawan pasangan I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Made Sukerana, Cabup-Cawabup yang diusung Golkar-NasDem-Gerindra-Demokrat-Perindo-PKS. IGA Mas Sumatri notabene merupakan Cabup incumbent, karena Ketua DPD NasDem Karangasem ini kini masih menjabat Bupati Karangasem 2016-2021.

PDIP berjuang total di Pilkada Karangasem 2020, karena mereka dalam posisi sebagai penantang yang ingin merebut kursi kepala daerah di Gumi Lahar, yang sudah 15 tahun dikuasai Golkar bersama mitra koalisinya, sejak berakhirnya era kepemimpinan I Nyoman Sumantara slaku Bupati Karangasem 2000-2005---kepala daerah terakhir dari PDIP. Selain Karangasem, daerah di Bali yang kini belum Satu Jalur alias masih dikuasai non PDIP adalah Klungkung. Sedangkan 7 daerah lainnya di Bali sudah berada di pangkuan PDIP, yakni Badung, Denpasar, Tabanan, Jembrana, Buleleng, Bangli, dan Gianyar.

Untuk memforsir kemenangan di Gumi Lahar, PDIP menunjuk I Gusti Ngurah Alit Kusuma Kelakan sebagai Ketua Tim Pemenangan Pilkada Karangasem 2020. Alit Kusuma Kelakan adalah politisi asal Desa Pemecutan Kelod, Kecamatan Denpasar Bara yang kini Wakil Ketua Bappilu DPD PDIP Bali dan anggota Fraksi PDIP DPR RI Dapil Bali.

Sedangkan Ketua DPD PDIP Bali, Wayan Koster, sudah beberapa kali terjun ke Karangasem untuk mensupport Paket Dana-Dipa. Demikian pula anggota Fraksi PDIP DPR RI Dapil Bali, ikut aktif terjun kawal kampanye Paket Dana-Dipa. Bahkan, Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra---yang daerahnya tidak ber-Pilkada---juga sempat terjun ke Karangasem untuk support Paket Dana-Dipa.

Ketua Tim Pemenangan Pilkada Karangasem 2020, Alit Kusuma Kelakan, mengatakan instruksi Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster sudah jelas bahwa Karangasem harus ‘direbut’. Maka, secara otomatis semua kekuatan partai dikerahkan untuk memenangkan Paket Dana-Dipa. Apalagi, lawan yang dihadapi bukan sembarangan, tapi berstatus Calon Bupati incumbent.

"Pertama, yang kita hadapi ini incumbent (IGA Mas Sumatri, Red). Kedua, lawan yang kita hadapi diusung banyak parpol. Ketiga, pertimbangannya untuk Pilkada 2020 di 5 daerah lainnya (Pilkada Badung 2020, Pilkada Denpasar 2020, Pilkada Tabanan 2020, Pilkada Jembrana 2020, Pilkada Bangli 2020), kita sudah lumayan bagus posisinya berdasarkan hasil survei,” jelas Alit Kelakan kepada NusaBali di Denpasar, Minggu (18/10) lalu.

“Jadi, mau tak mau semua kekuatan kita kerahkan ke Karangasem. Ini instruksi dari Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, agar semua gotong royong untuk menangkan Pilkada Karangasem 2020. Istilahnya, kita kerahkan kekuatan multi nasional ke Karangasem," lanjut Alit Kelakan yang notabene mantan Wakil Gubernur Baloi 2003-2008 dan anggota DPD RI Dapil Bali 2009-2014.

Alit Kelakan menegaskan, sesuai dengan tradisi di PDIP Bali, ketika ada satu daerah ber-Pilkada, maka kader, fraksi, dan pengurus DPC PDIP Kabupaten/Kota lainnya ikut gotong-royong, turun ramai-ramai. "Itu sudah tradisi di PDI Perjuangan Bali. Dari anggota Fraksi PDIP DPR RI Dapil Bali hingga Fraksi PDIP DPRD Bali, wajib memondok di Karangasem selama Pilkada,” terang Alit Kelakan.

Dicontohkan, kader PDIP dari Buleleng, Gianyar, dan Klungkung yang daerahnya tidak ber-Pilkada juga otomatis ikut turun gunung ke Karangasem. "Mereka yang punya kerabat, punya teman, adik ipar, mertua, pokoknya arahkan ke Paket Dana-Dipa. Berdasarkan hasil survei, kita memiliki peluang besar memenangkan Pilkada Karangasem 2020," tandas anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PDIP Dapil Bali 2019-2024 ini.

Sementara itu, Ketua Fraksi PDIP DPRD Bali, Dewa Made Mahayadnya alias Dewa Jack, mengatakan sesuai dengan surat tugas DPD PDIP Bali, seluruh anggota fraksi berbagi tugas untuk memenangkan Paket Dana-Dipa di Pilkada Karangasem 2020. "Ya, ada surat tugasnya. Kita sudah sebulan ini efektifkan turun ke Karangasem," tegas politisi asal Desa/Kecamatan Banjar, Buleleng yang sudah dua periode duduk di DPRD Bali Dapil Buleleng ini.

Sementara itu, informasi yang diperoleh NusaBali, masing-masing anggota Fraksi PDIP DPR RI dan Fraksi PDIP DPRD Bali mendapatkan tugas di setiap kecamatan se-Karangasem, untuk memenangkan Paket Dana-Dipa. Anggota Fraksi PDIP DPR RI Dapil Bali I Wayan Sudirta, misalnya, mendapatkan tugas pemenangan Paket Dana-Dipa di Kecamatan Abang, Kecamatan Kubu, Kecamatan Selat, dan Kecamatan Rendang. Kebetulan, Sudirta adalah putra Karangasem asal Desa Pidpid, Kecamatan Abang.

Sedangkan IGN Alit Kusuma Kelakan kebagian tugas pemenanmgan Dana-Dipa di wilayah Kecamatan Manggis, Kecamatan Bebandem, dan Kecamatan Selat. Anggota Fraksi PDIP DPR RI Dapil Bali lainnya, I Nyoman Parta (asal Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Gianyar), mendapat tugas pemenangan Dana-Dipa di Kecamatan Rendang, Kecamatan Manggis, dan Kecamatan Karangasem. Sebaliknya, anggota Fraksi PDIP DPR RI Dapil Bali I Ketut Kariyasa Adnyana (asal Desa/Kecamatan Busungbiu, Buleleng), dapat tugas pemenangan Dana-Dipa di Kecamatan Sidemen, Kecamatan Manggis, dan Kecamatan Bebandem.

Sementara, anggota Fraksi PDIP DPRD Bali yang diturunkan ke Karangasem, lebih menusuk ke tingkat desa. I Gusti Ayu Aries Sujati (anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Buleleng, Red), misalnya, ditugaskan menyisir desa-desa di Kecamatan Karangasem, seperti Desa Seraya Timur, Desa Seraya Tengah, dan Desa Seraya Barat.

Kemudian, I Kadek Setiawan (anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Buleleng)  wajib turun ke beberapa desa di Kecamatan Kubu, meliputi Desa Sukadana dan Desa Dukuh. Sementara I Ketut Rochineng (anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Buleleng) juga ditugaskan di Kecamatan Kubu untuk memenangkan Desa Tianyar Barat dan Desa Tianyar Timur.

Sedangkan I Gede Kusuma Putra (anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Buleleng),ditugaskan turun ke Kecamatan Kubu yang meliputi Desa Baturinggit dan Desa Bungaya. Selanjutnya, Putu Mangku Mertayasa (anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Buleleng) ditugaskan turun ke Kecamatan Kubu untuk garap pemenangan di Desa Kubu dan Desa Tulamben.

Sementara Dewa Jack (anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Buleleng) juga turun ke Kecamatan Kubu untuk pemenangan Dana-Dipa di Desa Tianyar Tengah dan Desa Ban. Sedangkan Tjokorda Gde Agung (anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Klungkung) turun ke Kecamatan Manggis untuk garap pemenangan di Desa Antiga dan Desa Antiga Kelod.

Kemudian, I Made Budastra (anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Gianyar) turun di Kecamatan Manggis untuk garap pemenangan di Desa Manggis dan Desa Selumbung. Demikian pula I Made Rai Warsa (aggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Gianyar) turun ke Kecamatan Manggis untuk pemenangan di Desa  Pasedahan dan Desa Tenganan.

Sebaliknya, AA Wira Mantra (anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Gianyar) turun ke Kecamatan Manggis untuk garap pemenangan di Desa Manggis dan Desa Ngis. Sementara Ni Made Yuniati (anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Gianyar) ditugaskan turun ke Kecamatan Manggis untuk garap pemenangan Dana-Dipa di Desa Nyuh Tebel dan Desa Sengkidu.

Menurut Dewa Jack, pola pemenangan dengan gotong-royong di Pilkada Karangasem 2020 ini mengerahkan jaringan politik kader di luar Gumi Lahar. "Kalau program legislatif kan sudah banyak dikerahkan dari Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Karangasem sebagai tuan rumah. Di luar Dapil Karangasem, ya kolega, saudara,  dan jaringan politik-lah,” tegas Dewa Jack. *nat

loading...

Komentar