nusabali

Ada Sertifikasi Halal, Omzet UMKM Naik

  • www.nusabali.com-ada-sertifikasi-halal-omzet-umkm-naik

JAKARTA, NusaBali
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki mengklaim, bahwa sertifikasi halal gratis untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) disambut positif.

Dari data yang dia terima, sebanyak 60 persen UMKM adalah makanan dan minuman, sehingga dia akan gencarkan program jaminan produk halal.

“Catatan kami selama 2015 sampai 2019, dalam memfasilitasi sertifikasi halal terhadap UMKM, hasil surveinya menggembirakan. Ketika mendapatkan sertifikasi halal, omsetnya naik rata-rata 8,53 persen,” kata Teten Masduki, Selasa (20/10).

Teten menjelaskan, yang dibutuhkan UMKM tidak hanya sertifikasi halal, tapi juga pendampingan. Menurutnya, hal itu penting dalam hal mengedukasi manajemen produk halal maupun pendaftarannya.

Ini terlihat perngkatdunia untuk makanan dan minuman tidak masuk 10 besar. Padahal, Indonesia negara muslim terbesar di dunia.

Sedangkan dalam merespons Covid-19, kata Teten, sebanyak 42 persen UMKM Indonesia menggunakan penjualan digital untuk jual-beli daring lebih meningkat. Ada kenaikan penjualan 26 persen dan terdapat 3,1 juta transaksi selama pandemi. *ant

loading...

Komentar