nusabali

Tim Dana-Dipa Sempat Minta Perbaikan Desain Surat Suara

  • www.nusabali.com-tim-dana-dipa-sempat-minta-perbaikan-desain-surat-suara

AMLAPURA, NusaBali
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem menggelar rapat koordinasi, sekaligus meminta persetujuan desain surat suara Pilkada Karangasem 2020.

Tim dari Paslon nomor urut 1, I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa (Dana-Dipa) yang diusung PDIP-Hanura, sempat meminta perbaikan gambar. Permintaan itu pun diakomodir sehingga kedua tim akhirnya sepakat tandatangan desain surat suara.

Pantauan NusaBali di dalam rapat koordinasi di Sekretariat KPU Karangasem Jalan Bayangkara Amlapura, Selasa (20/10), LO dari Pasangan Dana-Dipa meminta perbaikan desain, karena latar belakang gambar merah putih pada bagian warna merah menempel dengan gambar Calon Bupati (Cabup), I Gede Dana yang mengenakan baju merah.

Terkait permintaan ini telah dilakukan perbaikan, yakni gambar merah putih digeser lebih ke atas, sehingga LO dari kedua pasangan calon, yakni I Made Ruspita dari Tim Dana-Dipa dan I Komang Putra Adyana dari tim pasangan I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Made Sukerana (Massker) lanjut tandatangan desain surat suara.

LO Pasangan Dana-Dipa, yakni I Made Ruspita, mengakui sempat ada perubahan desain gambar pasangan calon nomor urut 1. Sebab, latar belakang bendera merah putih di bagian warga merah menempel dengan gambar Cabup I Gede Dana yang mengenakan pakaian merah. "Setelah dilakukan perbaikan, gambar telah pas, makanya saya setuju dan saya telah tandatangani," kata Ruspita yang juga Bendahara DPC PDIP Karangasem ini.

Dalam rapat koordinasi dipimpin Ketua KPU Karangasem, I Gede Krisna Adi Widana, didampingi empat anggotanya I Putu Dharma Budiasa dari Divisi Teknis Penyelenggaraan, Ni Luh Kusmirayanti dari Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Ngurah Gede Maharjana bertugas di Divisi Hukum dan Pengawasan, dan Putu Deasy Natalia dari Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia.

"Setelah dummy disetujui kedua LO, KPU siap cetak surat suara. Pemenang tender telah ditetapkan. Nantinya surat suara setelah jadi, dilipat dua kali, karena berisi dua pasangan calon," kata Gede Krisna.

Surat suara dengan ukuran 23 cm x 18 cm itu nantinya dicetak sebanyak DPT (daftar pemilih tetap) 375.063 lembar ditambah 2,5 persen sebagai cadangan.

Gede Krisna mengatakan dari 375.063 pemilih di Karangasem masing-masing: 189.183 pemilih laki, dan 185.880 pemilih perempuan, tersebar di 78 desa. Sedangkan KPU merencanakan membangun 1.115 TPS di 78 desa.  *k16

loading...

Komentar