nusabali

Pasar Tablet Cerah di Masa New Normal

  • www.nusabali.com-pasar-tablet-cerah-di-masa-new-normal

JAKARTA, NusaBali
Sempat mengalami kelesuan penjualan beberapa tahun lalu, penjualan gadget berbentuk tablet kembali booming.

Peningkatan penjualan secara global itu pun makin terasa saat pandemi Covid-19. Firma riset Strategy Analytics menyebutkan bahwa pendidikan daring (online) di tengah pandemi Covid-19 telah mendorong permintaan akan tablet layar yang lebih besar. Di saat yang sama, penjualan PC tablet global meningkat untuk pertama kalinya sejak 2014.

Karena dampak pandemi Covid-19, pekerjaan, studi, dan hiburan masyarakat kini dilakukan hanya di rumah. Jadi perangkat elektronik di rumah menjadi sangat populer.

Survei BPS pada September lalu menyatakan bahwa pada masa new normal,  seluruh anggota keluarga berusaha kembali produktif, walaupun 75 persen masih menjaga diri di rumah saja dengan tidak memperbanyak aktivitas di luar rumah.

Konsumen menurut Strategy Analytics membeli tablet dengan kecepatan tercepat dalam enam tahun ini. Pada tahun 2020, penjualan PC tablet global diperkirakan meningkat 1 persen year-on-year menjadi 160,8 juta unit.

Permintaan tablet berukuran kecil diakui menurun karena smartphone phablet besar terus menekan permintaan tablet kecil. Oleh karena itu, vendor tablet telah memfokuskan portofolionya pada segmen 10 hingga 13 inci dan ukuran notebook sebagian besar telah berpindah ke 13 inci dan seterusnya.

Selain pergeseran ke ukuran layar yang lebih besar, pengiriman tablet yang dapat dilepas telah meningkat lebih dari dua kali lipat dari 17 persen pangsa pasar tablet pada 2017 menjadi 40 persen pada 2020.

Salah satu produsen yang gencar merilis tablet adalah Samsung Electronics Indonesia yang pada pertengahan Oktober ini meluncurkan Samsung Galaxy Tab A7, dengan layar 10,4 inci. Ditenagai Snapdragon 662.  “Dengan ukuran 10,4 inci, multitasking dapat dinikmati seluruh keluarga mulai dari belajar bersama anak, meeting online, hingga menonton program favorit untuk orang tua kita tercinta,” kata Elvira Dwi Anggraeni, Product Marketing Professional Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia.

Tak kalah penting untuk mendukung fungsionalitas, desain layar tablet Rp 4 jutaan ini sudah dioptimalkan untuk tampilan landscape. Layar besar membantu melihat isi presentasi, bahan ajar dari guru, maupun wajah-wajah teman dengan jelas. “Kamera depan beresolusi 5MP juga telah diletakkan di bagian tengah atas, membantu pengguna tampil prima dalam video conference dan mendukung komunikasi visual yang lebih nyaman,” tuntas Elvira. *

loading...

Komentar