nusabali

Pertumbuhan Penjualan Motor di Bawah Mobil

  • www.nusabali.com-pertumbuhan-penjualan-motor-di-bawah-mobil

JAKARTA, NusaBali
Pertumbuhan penjualan sepeda motor secara bulanan pada September hanya 20%.

Sedangkan pertumbuhan mobil pada bulan yang sama masih bisa berlari kencang di angka 30%. Sekjen Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI) Hari Budianto memberi bocoran penjualan sepeda motor di bulan lalu masih positif secara bulanan. Namun, secara tahunan masih minus.

"Bulan Juni month to month naik lumayan tinggi 600%, Juli 70%-an, Agustus 8%, September kita perkirakan naik 20%. Jadi melihat tren deflasi yang ada, semoga kinerja otomotif terutama di roda dua diharapkan recovery terus lanjut," sebutnya kepada CNBC Indonesia, Senin (19/10).

Sebagai gambaran, penjualan sepeda motor pada bulan Mei mencapai angka terburuk yakni di 21.851 unit, bulan berikutnya naik sekitar 600% menjadi 167.992 unit, begitu pun bulan Juli yang mencatat 292.205 unit dan Agustus menjadi 317.107 unit. Jika diperkirakan bertambah 20%, maka penjualan September berada di angka lebih dari 380 ribu unit.

Meski mulai menanjak, namun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya maka bisa dibilang sulit untuk menyamai. Tahun lalu, penjualan hampir mencapai 6,5 juta unit. Untuk tahun ini, pelaku industri harus memangkas target yang sudah dibebankan sebelumnya. Diperkirakan penjualan hanya di kisaran setengahnya.

"Sampai Desember kita perkirakan terkoreksi 40-45%, jadi di angka sekitar 3,7 juta unit. Produksi memang normal cuma menyesuaikan demand yang ada, memang belum setinggi tahun lalu," jelasnya.*

loading...

Komentar