nusabali

Mobil Konseling Denpasar Ceria Kini Untuk Sosialisasi Covid-19

  • www.nusabali.com-mobil-konseling-denpasar-ceria-kini-untuk-sosialisasi-covid-19

DENPASAR, NusaBali
Mobil Denpasar Ceria yang sebelumnya dikhususkan untuk mobil konseling warga Kota Denpasar kini dimanfaatkan untuk kepentingan sosialisasi Covid-19 (Virus Corona).

Mobil tersebut selama ini tidak lagi digunakan untuk konseling karena pandemi Covid-19 yang tidak memperbolehkan konsultasi tatap muka. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, saat dihubungi, Senin (19/10) mengatakan mobil ceria sebelumnya memang digunakan untuk konseling bagi warga Denpasar yang memiliki permasalahan. Warga yang datang untuk konseling biasanya tatap muka langsung dengan petugas khusus di mobil tersebut.

Namun semenjak masa pandemi Covid-19 ini, mobil tersebut tidak lagi beroperasi seperti biasanya. Sebab, layanan tatap muka ditiadakan sementara agar tidak terjadi penyebaran Covid-19 antara petugas dan warga yang datang untuk konseling. “Iya ditiadakan dulu untuk tatap muka. Dulu banyak yang datang untuk menyelesaikan permasalahan warga demi tercipta indeks kebahagiaan warga Denpasar. Tapi karena pandemi harus sosial distanching,” jelasnya.

Menurut Bagus Alit, dengan kondisi tersebut pihaknya terpaksa meniadakan sementara konseling tatap muka. Mobil yang tidak terpakai tetap bisa dimanfaatkan untuk melakukan sosialisasi Covid-19 ke desa-desa. Mobil tersebut terus digunakan oleh PKK di 43 desa/kelurahan di Denpasar sebagai pendukung kegiatan penanganan Covid-19 oleh satuan tugas (Satgas) di masing-masing desa/kelurahan.

Alih fungsi menurut dia dilakukan agar mobil tetap bisa bermanfaat. “Mobil kan selama pandemi diam, dan itu juga memerlukan perawatan yang lumayan juga anggarannya. Jadi, daripada diam dengan perawatan yang sama kan mending dimanfaatkan saja. Apalagi momentnya begini, kan bagus manfaatnya sebagai informasi ke masyarakat agar menerapkan tertib protokol kesehatan,” imbuhnya.

Sementara menurut dia, untuk konseling masih tetap dibuka tetapi layanan konseling hanya bisa via telefon. “Konseling masih kita layani. Cuman kan kita tidak bisa konseling tatap muka. Tetapi kita masih buka via telefon saja. Jadi masyarakat yang memiliki permasalahan dan ingin konseling hubungi saja Denpasar Ceria via telefon,” tandasnya. *mis

loading...

Komentar