nusabali

Gugus Tugas Wanti-wanti Warga Agar Disiplin Prokes

Kasus Covid-19 Masih Fluktuatif di Denpasar

  • www.nusabali.com-gugus-tugas-wanti-wanti-warga-agar-disiplin-prokes

DENPASAR, NusaBali
Kasus positif Covid-19 di Denpasar kembali fluktuatif. Dalam sehari, Senin (19/10) terjadi penambahan sebanyak 26 kasus, dan pasien sembuh sebanyak 26 orang.

Selain itu juga ada satu orang pasien meninggal dunia dengan penyakit bawaan diabetes militus. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, saat dihubungi, Senin (19/10) mengatakan kasus meninggal terjadi pada perempuan umur 52 tahun tinggal di Desa Sumerta Kauh, Denpasar Timur. Sebelum meninggal perempuan tersebut pada 5 Oktober 2020 dirawat di salah satu RS Swasta. Karena kondisi pasien terus memburuk tanggal 8 Oktober 2020 pasien ini dirujuk ke RSUP Sanglah.

Karena gejala mengarah ke Covid-19 pasien ini dilakukan swab. Selanjutnya, tanggal 9 Oktober 2020, pasien ini dinyatakan positif. Tanggal 14 Oktober 2020 kondisi pasien semakin memburuk. "Tanggal 15 Oktober 2020 pukul 06.30 Wita pasien meninggal dengan penyakit bawaan diabetes militus. Jenazah sudah langsung dimakamkan di Pemakaman Muslim Kampung Wanasari, Denpasar," jelasnya.

Sedangkan penambahan kasus positif dan kasus sembuh Covid-19 bertambah 26 orang dan kasus positif juga bertambah 26 orang yang tersebar di 15 wilayah desa/kelurahan.

Dewa Rai menjelaskan 15 desa/kelurahan yang mencatatkan penambahan kasus positif, yakni Desa Padangsambian Kelod yang mencatatkan penambahan kasus tertinggi dengan 5 kasus positif baru. Disusul Desa Pemogan, Kelurahan Pemecutan, Kelurahan Sesetan, Desa Padangsambian Kaja, Desa Ubung Kaja, Kelurahan Panjer dan Desa Dangin Puri Kangin yang mencatatkan penambahan kasus positif sebanyak 2 orang.

Sementara itu 7 desa/kelurahan mencatatkan penambahan masing-masing sebanyak 1 orang. Sedangkan, sebanyak 28 desa/kelurahan tidak mencatatkan penambahan kasus positif baru.

Dengan demikian, secara kumulatif perkembangan kasus Covid-19 di Kota Denpasar menunjukan angka sebagai berikut. Yakni kasus positif tercatat sebanyak 3.029 kasus, jumlah pasien sembuh di Kota Denpasar mencapai 2.774 orang  (91,58 persen), meninggal dunia sebanyak 69 orang (2,28 persen), dan yang masih dalam perawatan sebanyak 186 orang (6,14 persen).  

Dikatakan Dewa Rai, angka kasus positif covid 19 di Kota Denpasar dalam seminggu ini masih fluktuatif, klaster keluarga mendominasi pola penyebaran baru.

“Mari bersama-sama lebih waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam lingkup rumah tangga dan lingkungan sekitar rumah," ujar Dewa Rai. "Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas," kata Dewa Rai. *mis

Komentar