nusabali

Dua Polantas Hanya Disanksi Teguran

Video Viral Mobil Patwal Kawal Orang Jogging di By Pass Sanur

  • www.nusabali.com-dua-polantas-hanya-disanksi-teguran

"Kejadian yang kemarin itu tidak patut untuk dilakukan pengawalan. Makanya kedua anggota yang melakukan pengawalan itu diperiksa Bid Propam Polda Bali,"

DENPASAR, NusaBali

Dua anggota Dit Lantas Polda Bali yang melakukan pengawalan terhadap 3 orang yang sedang jogging dengan mobil Patwal mendapatkan hukuman teguran oleh Bid Propam Polda Bali. Selain itu, dua Polantas yang namanya dirahasiakan ini juga dikenakan sanski administrasi.

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Syamsi dikonfirmasi, Senin (19/10) mengungkapkan hasil dari pemeriksaan terhadap kedua anggota itu oleh Bid Propam Polda Balu sudah dilakukan tindakan disiplin berupa sanksi administrasi dengan membuat permintaan permohonan maaf dan menyatakan tidak mengulangi perbuatannya. Selain itu keduanya mendapat teguran lisan.

"Dalam kasus ini fokus dari kepolisian adalah pelanggaran prosedur pengawalan yang dilakukan oleh anggota bukan kepada siapa yang dikawal. Pengawalan itu tidak ada permintaan resmi ke Polda Bali. Kalau ada permintaan pasti itu ditolak karena tidak sesuai prosedur pengawalan," tuturnya.

Kombes Syamsi mengatakan pengawalan yang dilakukan oleh dua oknum tersebut tidak melalui prosedur. Keduanya melakukan kegiatan pengawalan terhadap orang jogging.mengetahui adanya kejadian itu langsung dilakukan penanganan oleh Bid Propam Polda Bali. Dua anggota itu dinilai melanggar prosedur pengawalan. Karena pengawalan itu ada ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi.

"Misalnya pengawalan presiden dan wakil presiden atau pejabat negara lainnya. Karena yang dikawal adalah orang yang sedang jogging itu tidak sesuai dengan prosedur pengawalan. Pada intinya semua masyarakat boleh mengajuan permohonan pengawalan, tapi tidak semuanya bisa dilayani oleh polisi," ungkap Kombes Syamsi.

Kombes Syamsi mengatakan dalam melakukan pengawalan polis mempertimbangkan dan menilai apakah pengawalan itu patut dilaksanakan atau tidak. "Kejadian yang kemarin itu tidak patut untuk dilakukan pengawalan. Makanya kedua anggota yang melakukan pengawalan itu diperiksa Bid Propam Polda Bali," tandasnya.

Untuk diketahui pengawalan yang dilakukan dua oknum anggota Satlantas Polda Bali itu viral di berbagai media sosial pada Kamis (16/10). Dari video yang beredar terlihat tiga orang pria yang sedang jogging di Jalan By Pass IB Mantra, Sanur dikawal mobil patwal. Ketiga pria itu salah seorangnya membawa seekor anjing warna putih. Posisinya mobil pengawalan polisi itu di depan. Di belakang tiga orang itu ada sebuah mobil warna putih yang tampak terus mengikuti ketiga orang yang dikawal itu. *pol

Komentar