nusabali

Vaksinasi Rabies Sudah Sasar 15.223 Anjing

  • www.nusabali.com-vaksinasi-rabies-sudah-sasar-15223-anjing

BANGLI, NusaBali
Program vaksinasi rabies massal di Kabupaten Bangli terus dioptimalkan. Hingga saat ini anjing yang sudah tervaksin sebanyak 15.223 ekor dari populasi 59.346 ekor.

Saat turun ke lapangan, petugas vaksin disiplin terapkan protokol kesehatan. Kasus gigitan anjing rabies tercatat 11 kasus tersebar di Kecamatan Kintamani dan Kecamatan Bangli.   Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (PKP) Bangli, I Wayan Sarma, menjelaskan vaksinasi massal sudah berlangsung sejak bulan April 2020. Petugas menyasar seluruh wilayah di Bangli. Hingga saat ini hasil vaksinasi massal sudah mencapai 25,55 persen. Populasi anjing di Bangli diperkirakan sebanyak 59.346 ekor. “Petugas sudah menuntaskan vaksinasi menyasar 15.223 anjing,” ungkap Wayan Sarma, Minggu (18/10).  

Menurut Wayan Sarma, capaian atau persentase vaksinasi rabies di Bangli ada di urutan keempat untuk Bali. Diakui masih banyak anjing yang wajib divaksinasi. “Kami tetap berupaya maksimal di tengah situasi pandemi. Petugas lapangan juga memperketat penerapan protokol kesehatan,” jelasnya. Jika tahun ini vaksinasi rabies belum tuntas, dilanjutkan tahun depan. “Kami sambung tahun depan, karena vaksinasi rabies terus berjalan sepanjang tahun,” tegas Wayan Sarma.

Jadwal vaksinasi massal sudah diatur masing-masing UPTD di kecamatan. Kasus gigitan anjing rabies tercatat 11 kasus. Sebaran kasus gigitan anjing rabies yakni Desa Bantang, Desa Selulung, Desa Songan A, Desa Songan B, Desa Abang Batudinding, Desa Kintamani, Desa Batur Tengah, Desa Bayung Gede di Kecamatan Kintamani dan Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli. “Ada 11 kasus gigitan anjing positif rabies, di Desa Songan A tercatat ada dua kasus,” imbuhnya. *esa

Komentar