nusabali

Muntra Lakukan Pendekatan ke Suiasa

  • www.nusabali.com-muntra-lakukan-pendekatan-ke-suiasa

Menurut Muntra, dukungan kepada SGB tidak saja karena merupakan pimpinan Golkar Bali, tapi juga berdasarkan aspirasi dari para kader di tingkat akar rumput.

MANGUPURA, NusaBali

DPD II Partai Golkar Badung menegaskan dukungan kepada SGB atau Sudikerta Gubernur Bali maju ke Pilgub Bali 2018 mendatang. Meski memang sejauh ini belum ada rekomendasi tertulis dari DPP Partai Golkar di Jakarta, tapi bentuk dukungan tersebut dinyatakan sangat bulat. Sedangkan terkait sikap kader Golkar Badung yang kini menjabat Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa yang terang-terangan bermanuver mendukung KBS (Koster Bali Satu), kandidat calon asal PDIP, menurut Muntra, partai masih melakukan pendekatan dan komunikasi.

“Tapi yang jelas beliau (I Ketut Suiasa) itu kader Golkar dan senior kami di Badung. Ini semua masih berproses,” tandas Muntra di sela perayaan HUT Golkar ke-52, di kantor sekretariat Golkar Badung di Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi, Kamis (20/10). Muntra juga mengungkapkan dalam rangka HUT Golkar ke-52, secara khusus Suiasa berucap salam kepada seluruh kader dan jajaran pengurus DPD II Partai Golkar Badung.

Menurut Muntra, dukungan kepada SGB tidak saja karena merupakan pimpinan Golkar Bali, tapi juga berdasarkan atas aspirasi dari para kader di tingkat akar rumput. “Pak Sudikerta (SGB) itu pimpinan Golkar di Bali. Jadi kita patut mendukung pimpinan partai kita untuk maju dalam Pilgub. Dukungan kepada SGB harga mati,” katanya.

Karena itu, selaku pimpinan Partai Golkar di Badung, Muntra menginstruksikan kader beringin untuk membulatkan tekad mendukung SGB. “Apa yang menjadi keputusan partai, sudah pasti menjadi kewajiban kader untuk melaksanakan,” tegas politisi asal Kecamatan Kuta Selatan tersebut.

Terkait rekomendasi dari DPP Partai Golkar, Muntra optimis induk partai akan memperhatikan betul aspirasi dari bawah. “Kalau rekomendasi apa yang menjadi aspirasi di daerah saya yakin DPP akan mendengarkannya,” ucapnya. Apa sikap partai bila ada kader yang mengalihkan dukungan kepada calon lain? Sayangnya Muntra memilih menjawab diplomatis. “Langkah-langkah partai tentu saja pendekatan, mengkomunikasikan supaya ada pemahaman. Karena kebijakan partai sudah ada. Kalau tetap ada perbedaan, kami di Badung akan menyerahkan sepenuhnya kepada induk partai,” tegasnya.

Bagaimana dengan koalisi merah-kuning di Badung apakah berpengaruh? “Kalau kita berbicara koalisi dengan Pilgub tentu saja berbeda. Koalisi di Pilkada Badung tidak bisa diubah, itu sudah pakem. Sekali lagi saya tegaskan tidak ada kaitannya, koalisi yang terbentuk di Badung harus kita hormati. Apalagi sudah menjadi instruksi partai yang mengharuskan mendukung pemerintah, tentu dukungan yang sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat,” tukas Muntra. Sebelumnya diberitakan kader senior Golkar Badung yang juga Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa terang-terangan mengkampanyekan Koster Bali Satu (KBS) dalam acara dialog bersama ratusan warga Banjar Menesa, Desa Adat Kampial, Kuta Selatan, Badung, Jumat (7/10) malam. Padahal Partai Golkar Bali sendiri telah deklarasikan Ketua DPD I Golkar Bali I Ketut Sudikerta diusung sebagai Calon Gubernur Bali 2018.

Terkait sikap Suiasa, Ketua DPD I Golkar Bali, I Ketut Sudikerta menyerahkan sikap partai kepada Ketua DPD II Golkar Badung. “Silahkan ke Ketua DPD II Golkar Badung Pak Muntra (I Wayan Muntra) saja,” ujar Sudikerta usai memimpin rapat persiapan pelantikan pengurus Badan Pemenangan Pemilu DPD I Golkar Bali di Sekretariat DPD I Golkar Bali Jalan Surapati Nomor 9 Denpasar, Senin (10/10) lalu. asa

Komentar