nusabali

Pandemi, Lomba Baca Cerpen Bahasa Bali Digelar Online

  • www.nusabali.com-pandemi-lomba-baca-cerpen-bahasa-bali-digelar-online

GIANYAR, NusaBali
Pandemi Covid-19 yang merajam Bali sejak Maret 2020 dan tak pasti kapan berakhir, tidak menjadi halangan bagi Penyuluh Bahasa Bali Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, menjalankan program atau kegiatan.

Seperti pada Bulan Oktober 2020, serangkaian perayaan Bulan Bahasa Tahun 2020, para penyuluh menggelar Lomba Membaca Cerpen Bahasa Bali.

Guna mencegah kerumunan sekaligus menangkal pernularan pandemi, lomba tersebt digelar secara virtual atau online. Hal itu diungkapkan Koordinator Penyuluh Bahasa Bali Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Ni Wayan Miani, Kamis (15/10).

“Dengan pelaksanaan Lomba Membaca Cerpen Berbahasa Bali secara online ini, kami dari Penyuluh Bahasa Bali mengisi momen ini serangkaian Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda pada Oktober 2020,’’ jelasnya.

Jelas dia, dengan semangat Sumpah Pemuda, para pemuda dan pemudi Bali sedapat mungkin turut berperan dalam memajukan bahasa. Karena perihal bahasa ini tertuang dalam teks Sumpah Pemuda sehingga bahasa ibu ini wajib dilestarikan.

Miani menyampaikan ada fenomena bahwa generasi muda Bali, khususnya di Kecamatan Blahbatuh, yakni sebagian jarang mau belajar budaya sendiri. Khususnya, terkait dengan bahasa, aksara dan kesusastraan Bali.  Menurutnya, lomba ini akan merangsang para generasi muda yang memiliki bakat bidang kesusastraan Bali,

dapat menyalurkan, mengembangkan, dan mengasah potensi dan bakat mereka. Lomba ini juga untuk memotivasi para remaja untuk terus mengasah diri, mengembangkan kualitas diri agar menjadi pribadi berprestasi. ‘’Selain itu. lomba ini untuk menggali bibit-bibit potensial di bidang Bahasa Bali, lanjut dikembangkan lebih lanjut,” sambung Miani.

Kegiatan lomba dimulai 21 September 2020 - 24 Oktober 2020. Mulai proses pendaftaran, lomba membaca cerpen, penjurian, dan 24 Oktober 2020 akan diadakan pengumuman pemenang lomba. “Kepada para peraih juara, panitia menyediakan piagam dan uang pembinaan,” imbuhnya.*nvi

loading...

Komentar