nusabali

Polres Gianyar Buka Pelaporan Peristiwa Via Whatsapp

  • www.nusabali.com-polres-gianyar-buka-pelaporan-peristiwa-via-whatsapp

GIANYAR, NusaBali
Jajaran Polres Gianyar terus berinovasi dalan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Salah satunya, membuat program Gianyar Security Integrated System (GSIS). GSIS diluncurkan bersama tokoh masyarakat dan instansi terkait di Mapolres Gianyar, Jumat (16/10).  Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana mengatakan bahwa GSIS merupakan sebuah sistem yang dibangun dalam aplikasi pesan singkat Whatsapp yang mengintegrasikan pelaporan oleh masyarakat untuk selanjutnya diketahui oleh pihak yang berwenang. "Ide ini dari staf di Polres Gianyar, wakapolres, para kabag, dan kapolsek, maka dibuatlah sebuah group Whatsapp yang disebut GSIS ini," ujarnya.

Di group GSIS ini, masyarakat dapat melaporkan berbagai macam kejadian atau peristiwa yang terjadi di wilayahnya.  "Di dalam group Whatsapp ini beranggotakan seluruh tokoh masyarakat dan stakeholder yang ada di Gianyar, jadi dalam rangka memberikan berbagai informasi ataupun laporan dari masyarakat berkaitan dengan berbagai hal yang terjadi di lingkungannya masing-masing," katanya.

Dari laporan masyarakat yang masuk dalam sistem ini, bila terdapat laporan terkait tugas kepolisian maka akan dilakukannya respon cepat oleh petugas kepolisian baik dari Polres maupun Polsek. "Tentunya di group Whatsapp ini apabila ada laporan yang masuk berkaitan dengan tugas pokok kepolisian ini tentunya akan memberikan respon cepat baik dari Polres maupun Polsek," ujar Kapolres asal Desa Satra, Kecamatan Klungkung, Klungkung ini.

Dalam group GSIS, jelas Kapolres Dewa Adnyana, selain petugas kepolisian, di GSIS ini juga bergabung beberapa stakeholder. Seperti, BPBD, Satpol PP, PMI, maupun yang lainnya untuk memberikan atensi cepat terkait pelaporan yang ada.

Ikut hadir dalam kegiatan launching GSIS, Ketua Komisi III DPRD Gianyar Putu Gede Pebriantara mengapresiasi inisiasi yang dilakukan oleh Polres Gianyar ini. Dia menyambut ide ide inovatif untuk pembaruan khususnya dalam pelayanan kepada masyarakat. GSIS sebagai suatu langkah cepat dari kepolisian. Para tokoh masyarakat menjadi anggota GSIS ini sehingga jika ada kejadian tentang kamtibmas di masyarakat, dengan WA ini saja sudah bisa diketahui. ‘’Sehingga bisa lebih cepat bisa memberikan layanan kepada masyarakat," ujarnya.*nvi

Komentar