nusabali

PDAM Rencanakan Sumur Bor di Tamanbali

  • www.nusabali.com-pdam-rencanakan-sumur-bor-di-tamanbali

Lokasi sumur bor rencananya dengan reservoar LC Uma Aya dengan debit air 8-15 liter per detik.

BANGLI, NusaBali
PDAM Bangli berencana menggunakan sumur bor untuk pelayanan di Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli. Alasaannya, pendistribusian air untuk pelanggan di Desa Tamanbali sering terganggu. Pembagian air dilakukan secara bergilir. Pembuatan sumur bor diperkirakan habiskan biaya Rp 16 miliar.

Direktur PDAM Bangli, Dewa Gede Ratno Suparso Mesi, mengatakan pelanggan di Desa Tamanbali sebanyak 1.300 pelanggan. Pelayanan air di Desa Tamanbali memanfaatkan sumber mata air Tirta Barong. Namun debit air kerap menurun karena faktor alam, imbasnya pelanggan dapat air secara bergilir. Memaksimalkan pelayanan, PDAM Bangli berencana menggunakan sumur bor untuk kebutuhan air bagi pelanggan di Desa Tamanbali. Lokasi sumur bor rencananya berdekatan dengan reservoar LC Uma Aya. Debit air antara 8-15 liter per detik. “Dengan kapasitas debit air sebesar itu kami yakin pelayananan lebih optimal,” ungkap Dewa Rono sapaan akrab Direktur PDAM Bangli ini, Jumat (16/10).

Dewa Rono mengatakan, saat ini kebocoran pipa melewati ambang batas yang ditetapkan Permendagri. Tingkat kebocoran mencapai 40 persen dari maksimal kebocoran 20 persen. “Kebocoran karena jaringan pipa sudah uzur,” ungkapnya. Menurutnya, peremajaan pipa perlu anggaran besar. “Yang bisa kami lakukan saat ini hanya melakukan perbaikan jika ada jaringan bocor. Anggaran peremajaan besar, contoh di jalur Nusantara bisa mencapai Rp 15 miliar,” sebutnya. *esa

loading...

Komentar