nusabali

Bebas Mengkritisi Birokrasi Untuk Kemajuan Kota

DPRD Kota Palopo Apresiasi Kerjasama Humas dan Media di Bali

  • www.nusabali.com-bebas-mengkritisi-birokrasi-untuk-kemajuan-kota

DENPASAR, NusaBali
Komisi I DPRD Kota Palopo Sulawesi Selatan yang terdiri dari Ketua Komisi Efendi Sarapang, Sekretaris Komisi Muhammad Mahdi, dan Anggota Komisi I, Aris Munandar, melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Denpasar, Jumat (16/10).

Kadatangan rombongan Komisi I DPRD Kota Palopo diterima Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, Dewa Gede Rai di Kantor Walikota. Ketua Komisi I DPRD Kota Palopo Efendi Sarapang mengatakan kunjungan tersebut untuk mengetahui managemen dan strategi pengelolaan Humas dengan mitra yakni Media Massa.

Menurutnya, Pemkot Palopo mengalokasikan dana sebesar Rp 1,6 milyar dalam mengelola Kehumasan termasuk salah satunya stasiun Televisi lokal milik Pemkot Palopo. Efendy Sarapang juga melihat media di Bali, khususnya Denpasar sudah lebih profesional dalam menempatkan antara kritik dan informasi. Media yang bermitra dengan pemerintah tetap bisa menyampaikan kritik dengan proporsional.

"Kami anggap peran media di Denpasar dalam menyampaikan berita sudah bisa bersifat objektif," jelasnya.

Sedangkan anggota Komisi I DPRD Kota Palopo Aris Munandar menyatakan media di tempatnya masih kurang kritis terhadap kebijakan Pemkot. Mereka tidak berani mengkritik karena masih ada kerjasama dengan pemerintah.

Di sisi lain Sekretaris Komisi I Komisi I DPRD Kota Palopo Muhammad Mahdi mengatakan, salah satu cara untuk meningkatkan wawasan jurnalis adalah dengan melakukan studi banding. "Hal ini penting untuk meningkatkan pengetahuan wartawan, sehingga bisa menambah wawasan," ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar Dewa Gede Rai  mengatakan media massa adalah mitra kerja atau saluran yang dipakai selama ini  untuk menyampaikan pesan dan informasi kegiatan pimpinan serta  pencapaian terhadap hasil pembangunan.

"Kritik dari media juga tetap kita tampung untuk bahan evaluasi. Kita tidak anti kritik. Ini semacam vitamin bagi kami untuk berbuat yang terbaik untuk masyarakat," ucapnya.

Dewa Rai juga menjelaskan, Bagian Humas dan Protokol juga dilibatkan dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar. Setiap hari update perkembangan kasus covid 19 diinformasikan kepada masyarakat. "Jangan lagi ada stigma negatif berkembang di masyarakat, karena penyakit ini bukan aib bagi keluarga, tetapi bagaimana kita bersama bisa saling memotivasi," imbuhnya. *mis

Komentar