nusabali

Kakak-Beradik Disabilitas Terima Sembako

  • www.nusabali.com-kakak-beradik-disabilitas-terima-sembako

SEMARAPURA, NusaBali
Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta yang juga Ketua Pelang Merah Indonesia (PMI) Cabang Klungkung,  menyerahkan bantuan paket sembako kepada keluarga kurang mampu penyandang disabilitas di Dusun Kaleran, Desa Timuhun, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung Kamis (15/10).

Kegiatan ini dilakukan setelah salah satu akun media sosial warga memposting kondisi keluarga ini. Wabup Made Kasta juga ingin memastikan bantuan yang sudah didapatkan selama ini.

Keluarga tak mampu tersebut yakni Dewa Putu Samba,60, salah seorang petani penggarap, memiliki dua anak dengan kodisi cacat fisik. Dua anak itu, Dewa Gede Sayang,43, dan Dewa Ayu Wati,41. Kedua sama sama mengalami kelumpuhan sejak berumur sekitar 13 tahun.

Dewa Putu Samba menceritakan semua berawal ketika anaknya yang bernama Dewa Gede Sayang saat berusia sekitar 10 tahun mengalami sakit panas. Setelah sembuh dari sakit itu kondisi fisiknya mulai tidak normal. Dewa Gede Sayang mulai berjalan pincang. Setelah berumur sekitar 13 tahun, Dewa Gede Sayang mulai tidak bisa berjalan dan akhirnya mengalami kelumpuhan hingga saat ini. Demikian juga adiknya, Dewa Ayu Wati, waktu hampir bersamaan mengalami kelumpuhan yang diawali dengan sakit panas.

Saat ditemui oleh Wabup Made Kasta, kedua bersaudara ini tampak dalam kondisi kurus. Dewa Gede Sayang hanya duduk di atas alas tempat tidurnya dalam kamar. Sedangkan Dewa Ayu Wati duduk di atas kursi roda. Wabup Kasta yang juga seorang penekun spiritual juga sempat memeriksa kondisi fisik kedua bersaudara ini.

Kepada Wabup Kasta, Dewa Putu Samba mengatakan kedua anaknya tidak mampu beraktivitas akibat penyakit lumpuh yang diderita. Dewa Samba mengaku selama ini sudah mendapat perhatian dari pemerintah yakni berupa bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial. Selain itu, bantuan program Rehab Rumah dan sembako rutin dari Pemkab Klungkung. "Bantuan juga datang dari pihak swasta seperti Koppas Sarinadi Klungkung berupa kursi roda dan sejumlah uang tunai bantuan dari komunitas," katanya.

Hal itu juga dibenarkan Kepala Dusun Kaleran I Nyoman Pasek. Disebutkan, selama ini keluarga Dewa Putu Samba sudah rutin mendapatkan bantuan baik itu dari pemerintah maupun swasta, serta komunitas.

Wabup Made Kasta berharap, bantuan yang diberikan hari ini bisa benar benar bermanfaat dan membantu meringankan beban warga. Menurut Wabup, , selaku pemerintah dan Ketua PMI Cabang Klungkung, mengaku kegiatan ini akan terus berlanjut meskipun pada masa pandemi, sepanjang ada laporan dari warga. "Kami akan terus bergerak memberikan bantuan kemanusiaan," katanya. *wan

loading...

Komentar