nusabali

Shin Tae-yong Akan Coba Formasi dan Taktik Baru

  • www.nusabali.com-shin-tae-yong-akan-coba-formasi-dan-taktik-baru

SPLIT, NusaBali
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong, berencana mencoba sejumlah formasi alternatif dan taktik baru.

Namun, hal itu dilakukan setelah memberikan kesempatan para pemain untuk beristirahat. Sebelumnya, Timnas U-19 harus puas bermain imbang 0-0 melawan Makedonia Utara, Rabu (14/10) malam Wita. Shin Tae-yong menyebut permainan anak asuhnya tidak optimal karena faktor lapangan dan kelelahan.

Pelatih asal Korea Selatan itu memaklumi kondisi tersebut karena padatnya jadwal ujicoba timnya. Shin Tae-yong akhirnya memberikan waktu libur sehari untuk pemainnya.

"Banyaknya pertandingan uji coba membuat para pemain tidak punya banyak waktu istirahat. Jadi setelah recovery, kami akan memberi satu hari libur. Setelah itu kami akan mencoba alternatif formasi dan taktik baru," kata Shin Tae-yong di PSSI TV, Kamis (15/10).

Timnas U-19 menyisakan tiga laga uji coba lagi pada pemusatan latihan di Kroasia. Pada laga selanjutnya, David Maulana dkk, akan menghadapi Bosnia dan Herzegovina dalam format dua laga pada 20 dan 23 Oktober.

Laga lawan Makedonia yang berakhir imbang 0-0 adalah ujicoba kesembilan Timnas U-19. Secara keseluruhan, Timnas U-19 meraih tiga kemenangan, tiga kali kalah, dan tiga kali imbang. Mereka mencetak 10 gol dan kebobolan 17 gol, dan tiga clean sheets.

Hal itu pencapaian yang tak terlalu buruk. Hasil ini juga menandakan Timnas U-19 mengalami perkembangan yang signifikan selama di Kroasia. Namun Shin Tae-yong menilai timnya masih punya beberapa kelemahan.

Pada laga kedua lawan Makedonia Utara, Shin Tae-yong membuat beberapa perubahan dalam starting line up dibanding saat laga pertama kontra Makedonia Utara. Pemain seperti Bayu Fiqri, Beckham Putra, dan M Bahril diberi kesempatan sejak menit pertama.

Shin Tae-young menilai timnas U-19 masih memiliki beberapa kelemahan. Salah satu yang terlihat mencolok, dalam melepas passing, dan mencari ruang kosong yang harus ditingkatkan. Shin Tae-yong berjanji akan segera memperbaiki kekurangan tersebut.

"Pemain sudah bekerja keras, namun belum menunjukkan performa terbaik. Untuk mental, fisik, stamina saya kira pemain sudah lebih baik. Ke depan kami harus perbaiki kekurangan yang ada," kata pelatih 51 tahun itu. *

loading...

Komentar