nusabali

SMKN Amlapura Rencanakan Bangun Padmasana

  • www.nusabali.com-smkn-amlapura-rencanakan-bangun-padmasana

AMLAPURA, NusaBali
Kasek SMKN Amlapura, I Wayan Artana, menggelar pertemuan dengan pengurus komite di SMKN Amlapura, Jalan Veteran, Amlapura, Rabu (14/10).

Pertemuan dengan komite sekolah untuk membahas rencana membangun palinggih padmasana. Sejak didirikan tahun 2013, SMKN Amlapura belum punya padmasana. Pembangunan padmasana ditarget tuntas pada November 2020.

Kasek Wayan Artana mengatakan, padmasana sekolah akan dibangun di lahan seluas 15 meter x 8,5 meter. Pembangunan tahap awal, padmasana belum dilengkapi panyengker. Anggaran yang tersedia hanya Rp 100 juta, sebesar Rp 75 juta untuk padmasana, selebihnya untuk biaya pondasi. Pembangunan padmasana dengan biaya dari komite sekolah. Meski belum ada panyengker, buat sementara padmasana dipagari turus hidup atau tanaman sebagai batas suci dan areal sekolah.

Padmasana akan dibangun di sudut utara sekolah, dekat Stadion Gunung Agung. Buat sementara sebelum punya padmasana, sekolah membangun turus lumbung atau palinggih terbuat dari kayu dapdap. Ketua Komite, I Wayan Latra Santosa, mengapresiasi perjuangan Kasek SMKN Amlapura I Wayan Artana yang mengagendakan membangun padmasana. Sehingga bangunan sekolah nantinya lengkap, ada parahyangan, pawongan, dan pelemahan. “Sehingga terjadi keseimbangan sesuai konsep Tri Hita Karana,” kata Wayan Latra Santosa. *k16

Komentar