nusabali

PSSI Ngotot Liga 1 Lanjut, Meski Kickoff Januari 2021

  • www.nusabali.com-pssi-ngotot-liga-1-lanjut-meski-kickoff-januari-2021

YOGYAKARTA, NusaBali
PSSI tetap bersikeras melanjutkan Kompetisi Liga 1 2020. Pelaksana Tugas Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan, pihaknya akan mencoba berbagai cara untuk meyakinkan Kepolisian Republik Indonesia agar memberikan izin keramaian dan pertandingan.

Sebelumnya, PSSI menggelar pertemuan dengan 18 klub Liga 1 2020 dan 24 klub dari Liga 2 di Yogyakarta, Selasa (13/10). PSSI menyerap aspirasi klub yang menghasilkan tiga keputusan. Namun PSSI berusaha mewujudkan kompetisi kickoff pada 1 November. Jika ditunda lagi, PSSI akan mencoba pada 1 Desember 2020 atau 1 Januari 2021.

"Jika belum diizinkan karena Pilkada 2020, PSSI akan mencoba memulai pada 1 Januari 2021. Mudah-mudahan aspirasi klub agar kompetisi kembali digelar menjadi kenyataan," tegas Yunus Nusi, di laman resmi PSSI, Rabu (14/10).

Mundurkan Liga 1 2020 dan Liga 2 bisa berdampak pada event lainnya yang sudah menanti pada 2021. Misalnya, Piala Dunia U-20 2021 yang akan digelar di Indonesia.

Meskipun berharap Liga 1 dan Liga 2 dilanjutkan, PSSI pada akhirnya tetap akan menghormati keputusan dari pihak Polri. Yunus Nusi menyebut pihaknya akan menerima apa pun keputusan yang diberikan Polri.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan juga menghormati keputusan pemerintah, namun berharap agar kompetisi tetap mendapatkan izin. Menurutnya, kesepakatan melanjutkan kompetisi adalah keinginan anggota klub. Namun soal izin, kata Iriawan, dikembalikan pada pihak kepolisian.

Dengan demikian, belum ada kepastian yang bisa memberikan garansi kompetisi bakal digelar tepat waktu. Hal ini tentu saja membuat klub-klub harus segera menentukan program latihan.

Sementara itu, Polri melalui Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono menegaskan hal tersebut. Argo Yuwono menyebutkan, segala kegiatan yang berpotensi mengundang keramaian akan dilarang.

"Polri selama Pilkada dan Pandemi tidak akan mengeluarkan izin keramaian," kata Argo Yuwono, kepada detikcom.

Pupus sudah harapan kembali menggulirkan kompetisi sepakbola di tanah air. Namun PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan 18 klub Liga 1 sudah mendeklarasikan siap berkompetisi lagi dalam rapat di Yogyakarta itu. *

loading...

Komentar