nusabali

Neymar Hattrick, Brasil Libas Peru

Argentina Menang, Uruguay Tumbang

  • www.nusabali.com-neymar-hattrick-brasil-libas-peru

Tiga gol ke gawang Peru membuat Neymar jadi pencetak gol terbanyak kedua dalam sejarah sepakbola Brasil, dengan 64 gol dari 103 laga. Namun masih jauh di bawah legenda Brasil, Pele dengan 77 gol selama 92 kali membela tim Samba pada 1957-1971.

LIMA, NusaBali

Neymar membuat hattrick saat Brasil menaklukkan tuan rumah Peru 4-2, dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol, di Estadio Nacional de Lima, Rabu (14/10) pagi Wita. Sedangkan dalam laga lain di wilayah Amerika Latin, Argentina menang atas tuan rumah Bolivia 2-1, dan Uruguay takluk 2-4 di tangan Ekuador.

Neymar tampil menginspirasi, usai mampu menyamakan skor 1-1. Pasalnya, Brasil tertinggal lebih dulu karena gol cepat Andre Carrillo.

Usai turun minum, Peru kembali berkat gol Renato Tapia. Namun Richarlison membuat skor 2-2, dan akhirnya Neymar membuat pukulan telak Peru dengan dua golnya di 10 menit terakhir.

Trigol Neymar ke gawang Peru memastikan dirinya menjadi pencetak gol terbanyak kedua dalam sejarah Brasil. Kini pemain Paris St Germain (PSG) itu mencetak 64 gol dari 103 laga untuk Brasil. Dia sukses melewati rekor gol striker Ronaldo Luis Nazario de Lima, dengan 62 gol. Namun masih jauh di bawah legenda Pele, yang 77 gol selama 92 kali membela Brasil antara 1957 hingga 1971.

Berkat kemenangan atas Peru, Brasil meraih kemenangan kedua beruntun setelah pada matchday 1 menggulung Bolivia 5-0. Tim asuhan Tite itu kini memuuncak klasemen zona Conmebol dengan enam poin, sama dengan Argentina di bawahnya tapi unggul selisih gol. Laga selanjutnya pada November nanti, Neymar dkk akan menjamu Venezuela dan tandang ke markas Uruguay.

Sedangkan di Stadion Hernando Siles, La Paz, Bolivia, gol di ujung laga dari Joaquin Correa membawa Argentina comeback untuk mengalahkan tuan rumah Bolivia 2-1, Rabu pagi Wita. Kemenangan itu yang kedua bagi Lionel Messi dkk pada kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan. Sebelumnya Tim Tango menang 1-0 atas Ekuador, Sabtu lalu.

Bolivia unggul lebih dulu pada menit ke-24, saat kapten Marcelo Martins menanduk umpan dari sisi kiri.
Namun Argentina menyamakan kedudukan sebelum babak pertama usai. Gol itu tercipta ketika sapuan bek Jose Maria Carrasco malah berakhir di kaki Lautaro Martinez yang langsung mengarahkan bola masuk ke gawang Bolivia.

Lalu Correa mencetak gol penentu kemenangan Argentina dengan tendangan kaki kiri 11 menit sebelum bubaran. Bolivia pun kembali menelan kekalahan setelah dihajar 0-5 oleh Brasil pekan lalu.

Sementara itu, mantan striker Barcelona dan Liverpool Luis Suarez mencetak dua gol,  namun gagal menghindarkan kekalahan 2-4 Uruguay dari Ekuador,  di Quito, Rabu pagi Wita. Usai dikalahkan Argentina 0-1 pekan lalu, Ekuador bangkit dan mendominasi sepenuhnya laga .

Empat tim teratas zona Amerika Selatan yang dihuni 10 tim akan langsung lolos ke putaran final Piala Dunia di Qatar pada 2022. Urutan kelima akan memperebutkan satu tempat lagi bersama dengan tim kawasan lain dalam playoff, demikian laporan Reuters. *ant

Komentar