nusabali

Bupati Suwirta Gali Potensi Kelurahan

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-gali-potensi-kelurahan

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Ketua TP PKK Klungkung Ny Ayu Suwirta, dan jajaran kembali melaksanakan Program Bedah Kelurahan, Rabu (14/10) pagi.

Program ini menyasar dua kelurahan yakni Kelurahan Semarapura Kangin dan Kelurahan Semarapura Klod Kangin. Bupati Suwirta melihat potensi jogging track di jalan tembus ke tanah negara di bantaran Tukad Unda, Kelurahan Semarapura Kangin. Bupati langsung menelusuri jalur tersebut. "Jalan ini layak jadi kawasan jogging track. Mudah-mudahan ada keikhlasan warga merelakan sebagian tanahnya untuk infrastruktur," ujarnya.

Terkait itu, jelas Bupati, tahun 2021 Pemkab Klungkung akan membuat perencanaan penataan kelurahan. Diharapkan tahun 2022, mulai pengerjaan fisik.

Sementara itu, setelah melihat secara langsung, terkait permasalahan dan potensi di Kelurahan Semarapura Kangin, agar masing-masing kepala lingkungan (kaling) proaktif menginventarisir rumah masyarakat yang layak untuk bedah maupun rehab rumah. Bupati menugaskan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Klungkung dan Dinas Sosial, Pemberdayaaan Perempuan dan Pelindungan Anak, untuk melakukan sinkronisasi data.  "Agar pengerjaan rehab rumah maupun bedah rumah dapat berjalan lancar," katanya.

Terkait kemiskinan di Kelurahan Semarapura Klod Kangin,  Bupati Suwirta menyampaikan masih banyak masyarakat berstatus KK miskin. Namun mereka berasal dari Karangasem yang sudah turun-temurun tinggal di Klungkung. Bahkan, sudah memiliki KTP Klungkung.

“Untuk menangani hal tersebut, Pemkab Klungkung agak kesulitan mengambil keputusan. Karena sebagian besar dari mereka berstatus penduduk yang ngontrak atau menyewa rumah,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga mengharapkan kepada kaling, lurah, dan Puskesmas Pembantu agar dapat siap siaga menangani masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan. *wan

Komentar