nusabali

Dua Wisman Kelelahan di Hutan Gunung Agung

  • www.nusabali.com-dua-wisman-kelelahan-di-hutan-gunung-agung

AMLAPURA, NusaBali
Dua wisatawan mancanegara (wisman), Trina Nguyen, perempuan, 38, dan Lucifer Everylove, laki-laki, 37, ditemukan kelelahan dan terjebak di hutan Gunung Agung, Rabu (14/10) sekitar pukul 04.30 Wita.

Kedua wisman asal Amerika ditemukan oleh I Ketut Suparta, 16, saat mencari pakan ternak. Mereka terkulai lemas di lereng timur Gunung Agung, Banjar Belong, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem. Keduanya diajak ke rumah Ketut Suparta, diberi makan lalu istirahat.

Diduga kedua wisman itu sempat jatuh terpeleset ditandai kedua kakinya luka lecet. Setelah kedua wisman itu diberikan makan dan istirahat yang cukup, kondisinya mulai pulih kemudian dilaporkan ke Polsek Kubu. Kapolsek Kubu, AKP I Nengah Sona, bersama lima anggota mendatangi wisman tersebut di rumah warga. Saat dimintai keterangan, kedua wisatawan asing yang bisa Bahasa Indonesia itu mengaku berwisata keliling Bali. Mereka tinggal di salah satu hotel di Sanur, Denpasar.

Keduanya hendak mendaki Gunung Agung. Mereka menuju Banjar Cegi, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Minggu (11/10) sekitrar pukul 10.00 Wita. Dari Banjar Cegi mulai mendaki Selasa (13/10) sore. Pulang dari mendaki Gunung Agung, keduanya kelelahan. Kebetulan ada warga Banjar Belong hendak mencari pakan ternak menemukan kedua wisatawan dalam kondisi lemas lalu diajak ke rumahnya, sejauh 3 kilometer dari TKP (tempat kejadian perkara). Kapolsek AKP Nengah Sona kemudian mengajak wisatawan itu ke Mapolsek Kubu, sekitar pukul 12.50 Wita.

AKP I Nengah Sona mengatakan kedua wisatawan asing itu dalam kondisi sehat, maka diantar ke Mapolres Karangasem. Dari Mapolres Karangasem keduanya diantar ke penginapannya di Sanur. “Mereka kelelahan, setelah cukup istirahat, kondisinya baik-baik saja,” kata AKP Nengah Sona. Dikatakan, sesuai ketentuan PVMBG (Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi) Kementerian ESDM, masih berlaku larangan mendaki Gunung Agung. Terpisah, Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem I Gusti Ngurah Eka mengaku tidak dapat laporan terkait adanya dua wisatawan asing kelelahan usai mendaki di Gunung Agung. Begitu juga Kepala Pelaksana BPBD Ida Ketut Arimbawa mengaku tidak dapat laporan dua wisatawan asing kelelahan di hutan Gunung Agung. *k16

loading...

Komentar