nusabali

Blasman Gelar Pemilihan Ketua OSIS E-voting

Amankan Warga Sekolah dari Pandemi

  • www.nusabali.com-blasman-gelar-pemilihan-ketua-osis-e-voting

GIANYAR, NusaBali
Pandemi Covid-19 membuat aktivitas pembelajaran dilaksanakan di rumah, dan aktivitas sekolah pun dibatasi.

Kondisi itu tak menyurutkan jajaran OSIS SMAN 1 Blahbatuh (Blasman), Gianyar, untuk mewujudkan pendidikan demokrasi di sekolah.

Sekolah ini berinovasi untuk penyelenggaraan pemilihan Ketua OSIS secara e-voting. Kepala SMAN 1 Blahbatuh I Ketut Sulatra, ditemui di ruang kerjanya, Selasa (13/10), mengatakan seluruh proses pemilihan mengimplementasikan IT (informasi dan teknologi) dengan memanfaat aplikasi zoom meeting dan media sosial lainnya. Blasman menggelar pemilihan Ketua OSIS layaknya Pemilihan Umum. Diawali dengan pembentukan panitia pemilihan, sosialisasi, debat pasangan calon dan pada akhirnya tahap pemungutan suara. "Debat pasangan calon dilakukan secara virtual Minggu,12 Oktober lalu. Seluruh warga sekolah mengikutinya melalui aplikasi zoom meeting dan live instagram," jelasnya.

Jelas Sulatra, debat berlangsung hampir dua jam itu menjadi ajang para pasangan calon mengemukakan visi misi dan gagasan. Mereka diuji oleh para panelis dari unsur Pembina OSIS dan perwakilan BLASIKA (Blasman Ikatan Alumni).

Sulatra menjelaskan, pemilihan OSIS ini untuk memberikan pendidikan demokrasi sekaligus mengenalkan tahapan pemilu ke peserta didik. Karena situasi pandemi, pemilihan ketua OSIS ini juga menjadi ajang untuk memberikan kesempatan siswa  memanfaatkan IT dalam pelaksanaan kegiatan. Mulai dari kampanye yang dilaksanakan di media sosial, pelaksanaan debat yang dapat diikuti secara virtual dan pemungutan suara secara e-voting.

Jelas dia, pemilihan OSIS kali ini terasa berbeda. Di tengah pandemi ini sekolah ingin memberikan ruang kepada OSIS Blasman untuk berkreativitas dengan aman. ‘’Kami juga ingin agar siswa mengembangkan keterampilan di bidang pemanfaatan teknologi. Karena situasi pandemi, maka pencoblosan yang biasa dilaksanakan secara langsung juga akan dilaksanakan melalui e-voting pada 18 Oktober 2020,” ungkapnya

Pemilihan ketua OSIS tahun ini diikuti tiga pasangan calon (paslon) yaitu paslon 01 atas nama I Made Arya Artha Swandara - Ida Ayu Made Paramita Ksamwati. Paslon 02 yaitu Anak Agung Istri Agung Vivilya Maha Putri - Made Stri Shanti Kesari Pradnyani, dan paslon 03 atas nama Gusti Ayu Alfa Arthamelia - I Putu Reza Wedangga. Jumlah pemilih terdata 1.201 orang.

Ditambahkan, antusias siswa Blasman mengikuti ajang ini cukup tinggi. Hal itu tampak dari penjaringan calon secara virtual. "Yang daftar pertama 62 siswa," ungkapnya. Panitia pun menyeleksi ketat melalui tes tulis dan tes fisik. "Dari 62, terjaring menjadi 58 orang. Setelah itu dites lagi, mengerucut jadi 10 orang," jelasnya.

Selanjutnya, 10 orang kembali diseleksi sehingga didapatkan 6 calon untuk 3 paket paslon. "Seleksi kami lakukan dengan wawancara via google meet. Semua proses pakai aplikasi," ujar Sulatra yang Ketua Satgas Covid-19 Desa Adat Bitera, Kelurahan Bitera, Kecamatan Gianyar ini. *nvi

Komentar