nusabali

Tips Aman Memilih Aplikasi Pinjam Uang Secara Online

  • www.nusabali.com-tips-aman-memilih-aplikasi-pinjam-uang-secara-online

Aplikasi pinjaman online yang aman memang semakin populer dan digemari masyarakat karena bisa memberikan pinjaman dengan cepat dan mudah.

DENPASAR, NusaBali.com
Namun, ada juga pinjaman online ilegal yang justru malah meresahkan karena beroperasi tanpa mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk itu, sebelum mengajukan pinjaman online Anda harus tahu dulu tips memilih aplikasi pinjam uang secara online yang aman. Berikut tipsnya:

1. Pinjaman Online Sudah Terdaftar di OJK


Perusahaan pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK sudah dapat dipastikan akan mematuhi regulasi yang sudah diatur OJK. Regulasi yang sudah dibuat tersebut akan memberikan perlindungan untuk konsumen sehingga membuat Anda lebih aman. Untuk mengetahui apakah perusahaan yang Anda pilih sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, Anda bisa akses situsnya di ojk.go.id.

2. Tentukan Jumlah Pinjaman

Jumlah uang yang akan Anda pinjam di aplikasi penyedia layanan pinjam uang sebaiknya sesuai dengan jumlah kebutuhan bukan sesuai dengan keinginan. Meminjam uang untuk memenuhi keinginan hanya akan membuat Anda nantinya terjerat utang. 

Ketika Anda mengajukan pinjaman, bukan hanya dana yang dipinjam yang harus dikembalikan, melainkan juga disertai bunga pinjaman. Semakin tinggi jumlah pinjaman yang diajukan, semakin banyak bunga yang harus dibayar.  Untuk memastikan cicilan sesuai dengan kemampuan, pastikan jumlah uang pinjaman tidak lebih dari 30% dari hasil pendapatan Anda.

3. Perusahaan Memiliki Alamat Kantor yang Jelas


Sebelum mengajukan pinjaman, Anda harus memastikan perusahaan yang dipilih memiliki alamat kantor yang jelas. Sesuai dengan peraturan OJK yang mewajibkan perusahaan pinjol memiliki alamat kantor yang mudah ditemukan. Anda bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan aplikasi Google Maps untuk memastikan lokasinya jelas atau tidak.

4. Ketahui Apa Saja Data yang Diminta

OJK telah membatasi data yang boleh diakses perusahaan pemberi pinjaman online hanya 3 hal, yaitu kamera, mikrofon, dan lokasi. Hal ini bertujuan untuk melindungi data pribadi nasabah. Selain itu, OJK juga melarang perusahaan pinjaman online untuk menyebarluaskan data konsumennya. Jadi, pastikan data yang diminta oleh aplikasi pinjaman pilihan Anda tidak meminta data lebih dari itu, seperti kontak Hp. Jika meminjam lebih dari itu segera tolak dan cari pinjaman online yang lebih aman.

5. Lakukan Perbandingan


Sebelum memilih mengajukan pinjaman di pinjaman online tertentu lakukan dulu perbandingan agar Anda tidak menyesal nantinya. Bandingkan semua ketentuan pinjamannya, baik dari besaran bunga, panjang tenor, hingga ulasan yang diberikan konsumen lainnya terhadap aplikasi tersebut. Jangan sampai Anda salah memilih. 

Itulah tips aman memilih aplikasi pinjam uang secara online yang bisa dicoba. Supaya lebih mudah memilih penyedia layanan pinjam uang, kami memberikan rekomendasi pinjaman online OJK yang aman, yaitu Tunaiku. Kenapa Tunaiku? Anda bisa mendapatkan pinjaman tanpa agunan dan bunga flat sebesar 3% per bulan. Selain itu, tenornya panjang hingga 20 bulan, dan limitnya pun mencapai Rp 20 juta.

Tunaiku memiliki masa penyetujuan pinjaman yang sangat cepat yaitu dalam waktu 24 jam setelah dokumen pendukung diversifikasi dan kontraksi asli ditandatangani.  Pinjaman ini juga tidak mengenakan biaya penalti untuk pelunasan lebih awal ataupun biaya tahunan untuk nasabahnya dan memiliki persyaratan minimum penghasilan yang ringan. Semua kelebihan dan kemudahan ini hanya bisa didapatkan di aplikasi pinjaman online Tunaiku. Tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan pinjaman!

Komentar