nusabali

45 TK di Karangasem Akreditasi Virtual

  • www.nusabali.com-45-tk-di-karangasem-akreditasi-virtual

Akreditasi untuk memastikan sekolah telah menyediakan layanan sesuai standar nasional pendidikan.

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 45 sekolah TK (Taman Kanak-Kanak) se-Karangasem akan menjalani akreditasi virtual. Teknisnya, pengelola TK hanya menyediakan data dan asesor meminta membacakan dokumen administrasi. Sehingga dalam melaksanakan akreditasi tidak perlu menghadirkan siswa. Ujicoba akreditasi virtual telah dilaksanakan di salah satu TK di Kecamatan Kubu. Secara teknis tidak ada kendala walau pencapaian 8 standar pendidikan tidak optimal.

Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Gusti Ngurah Kartika didampingi Kabid PAUD dan PNF I Nyoman Adil mengatakan, akreditasi virtual 45 TK di delapan kecamatan ditarget tuntas akhir tahun 2020. Pelaksanaan akreditasi virtual menunggu jadwal. Saat ini sedang berlangsung uji kompetensi asesor. “Asesor yang menjalankan akreditasi dari luar Karangasem. Akreditasi juga bertujuan untuk pemetaan mutu lembaga TK,” ungkap Gusti Ngurah Kartika, Selasa (13/10).

Akreditasi TK secara virtual di Kecamatan Kubu sebanyak 4 TK tempat akreditasi di TK Negeri Baturinggit, Kecamatan Abang sebanyak 8 TK di TK Negeri Pembina Abang, Kecamatan Rendang sebanyak 9 TK bertempat di TK Negeri Pempatan, Kecamatan Selat sebanyak 5 TK bertempat di TK Widya Kumara Desa Duda, Kecamatan Sidemen sebanyak 2 TK bertempat di TK Widya Saraswati, Kecamatan Manggis sebanyak 5 TK bertempat di PKBM Pelita Aksara, Kecamatan Bebandem sebanyak 5 TK bertempat di TK Negeri Bebandem, dan Kecamatan Karangasem sebanyak 7 TK bertempat di TK Negeri Pembina Karangasem.

Gusti Ngurah Kartika menjelaskan, akreditasi bertujuan memberikan jaminan kepada publik bahwa sekolah tersebut telah diakreditasi. Memastikan telah menyediakan layanan pendidikan yang memenuhi standar akreditasi program pendidikan berdasarkan standar nasional pendidikan (SNP), memberikan peringkat kelayakan nasional. Sehingga para siswa dapat pelayanan yang baik sesuai persyaratan standar nasional. “Memotivasi agar sekolah terus meningkatkan mutu,” kata Gusti Ngurah Kartika.

Kasek TK Negeri Pembina Karangasem, I Dewa Ayu Anom Pratiwi, mengaku telah siap menjalani akreditasi virtual. Selama ini pembelajaran juga berlangsung virtual. “Saya telah siap mengikuti akreditasi virtual, seluruh dokumen yang dibutuhkan sudah saya siapkan,” jelas I Dewa Ayu Anom Pratiwi. TK Negeri Pembina Karangasem membina 189 siswa terbagi 5 kelas didukung 15 guru berlokasi di Jalan Untung Surapati. *k16

loading...

Komentar