nusabali

Lagi, Pasokan Air Bersih Terganggu

  • www.nusabali.com-lagi-pasokan-air-bersih-terganggu

Sekitar 300-an pelanggan di seputaran Desa Sangeh, Desa Blahkiuh, dan Desa Abiansemal, mengalami gangguan pasokan air bersih.

MANGUPURA, NusaBali

Pasokan air bersih dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung ke pelanggan kembali terganggu. Untuk itu perusahaan plat merah itu mengimbau supaya pelanggan yang terkena dampak gangguan agar menampung air agar bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Direktur Teknis (Dirtek) Perumda Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung, I Wayan Suyasa mengatakan gangguan pasokan air bersih ke sejumlah pelanggan ini lantaran sumber mata air di Tanah Wuk, Kecamatan Abiansemal, terkena longsor akibat curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir. “Kena longsor, karena lokasinya di tebing,” ungkap Suyasa, Selasa (13/10).

“Besok (hari ini) pukul 09.00 Wita kita akan kuras, targetnya pukul 14.00 Wita selesai. Mudah-mudahan Kamis (15/10) sudah kembali normal,” harap Suyasa.

Untuk memasok air ke pelanggan, rencananya pihak Perumda Air Minum Tirta Mangutama akan menyuplai dari Petang. “Untuk meminimalisasi gangguan, kita suplai dari Petang. Makanya kemungkinan hanya 300 pelanggan yang mengalami gangguan yakni di seputaran Desa Sangeh, Desa Blahkiuh, dan Desa Abiansemal,” kata Suyasa.

“Atas nama manajemen Perumda Air Minum Tirta Mangutama, kami menyampaikan mohon maaf atas ketidaknyamanan pelayanan ini,” ucap Suyasa yang merupakan mantan anggota DPRD Badung itu.

Untuk diketahui, sebelumnya Perumda Air Minum Tirta Mangutama terpaksa menghentikan operasional setelah sungai ayung di Badung Utara meluap dan mengakibatkan sumber air baku menjadi keruh dan bercampur pasir. Penghentian operasional dilakukan pada Sabtu (10/10) hingga Minggu (11/10).

Akibat operasional dihentikan sekitar 10 ribu pelanggan terkena dampak secara langsung. Pelanggan yang terdampak yakni di wilayah Kecamatan Kuta, Kuta Selatan, dan sekitarnya. Namun, setelah dilakukan pembersihan oleh petugas dari Perumda Air Minum Tirta Mangutama, terhitung mulai Senin (12/10) pasokan air di wilayah tersebut sudah kembali normal.

Sebagai kompensasi, Perumda Air Minum Tirta Mangutama menyiapkan mobil tangki bagi pelanggan yang membutuhkan air bersih. Total ada empat unit mobil tangki yang disiapkan, dan siapapun pelanggan yang membutuhkan bisa menghubungi. Pasokan air dari mobil tangki adalah gratis. *asa

loading...

Komentar