nusabali

Dana-Dipa Rencanakan Bangun Sekolah Hindu di Karangasem

  • www.nusabali.com-dana-dipa-rencanakan-bangun-sekolah-hindu-di-karangasem

AMLAPURA, NusaBali
Pasangan Calon Bupati-Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Karangasem, I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa (Dana-Dipa) yang diusung PDIP dan Hanura berencana membangun sekolah Hindu Satu Atap mulai TK, SD, SMP, dan SMA di Karangasem.

Gagasan itu pun direspons anggota Komisi VIII DPR RI, I Gusti  Ngurah Alit Kusuma Kelakan dan Ketua DPC PDIP Gianyar, I Made ‘Agus’ Mahayastra. Mereka siap membantu dan memperjuangkan gagasan Dana-Dipa tersebut.

Hal itu terungkap saat Calon Bupati Karangasem, I Gede Dana, menggelar kampanye di Banjar Triwangsa dan Banjar Tengah, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Selasa (13/10) pukul 10-00-12.00 Wita.

Saat kampanye I Gede Dana yang juga Ketua DPC PDIP Karangasem ini dikawal anggota Komisi VIII DPR RI I Gusti Ngurah Kusama Kelakan, Ketua DPC PDIP Gianyar I Made ‘Agus’ Mahayastra, Sekretaris DPC PDIP Gianyar I Ketut Sudarsana, dan Sekretaris DPC PDIP Karangasem I Wayan Sudira.

"Saya menginginkan nanti berdiri sekolah Hindu di Karangasem apalagi dapat dukungan dari anggota Komisi VIII DPR RI dan Bupati Gianyar," jelas Gede Dana. Menanggapi rencana dan gagasan Cabup Gede Dana, I Gusti Ngurah Kesuma Kelakan meyakinkan krama yang hadir mengenai rencana mendirikan sekolah Hindu itu. Menurutnya yang perlu disiapkan hanya tanah untuk lokasi membangun sekolah. Sedangkan, anggaran membangun, biaya operasional dan tenaga guru, sepenuhnya bisa dibantu Kementerian Agama (Kemenag) RI.

"Untuk rencana mendirikan sekolah Hindu, didaftarkan dulu ke Kementerian Agama, selanjutnya syarat lainnya Pemkab Karangasem menyediakan lahan. Anggaran membangun gedung, biaya operasional dan tenaga guru disediakan Kementerian Agama," jelas Kesuma Kelakan.

Mengenai teknis mendaftarkan ke Kementerian Agama, Kesuma Kelakan, siap membantu. "Bantuan biaya membangun dan operasionalnya selanjutnya dari pusat, saya siap menjembatani memperjuangkan, apalagi saya di Komisi VIII DPR RI membidangi agama," kata mantan Wakil Gubernur Bali 2003-2008, yang dipercaya jadi Ketua Tim Pemenangan Dana-Dipa di Pilkada Karangasem 2020 ini. Ketua DPC PDIP Gianyar yang juga Bupati Gianyar, I Made Agus Mahayastra, mengaku siap memberikan bantuan, apalagi sekolah Hindu telah berdiri dan beroperasi di Kabupaten Gianyar. *k16

loading...

Komentar