nusabali

Tingkatkan Kompetensi Masyarakat saat Pandemi, Pemkab Jembrana Gelar Pelatihan Kerja

  • www.nusabali.com-tingkatkan-kompetensi-masyarakat-saat-pandemi-pemkab-jembrana-gelar-pelatihan-kerja

NEGARA, NusaBali
Di tengah pandemi Covid-19, Pemkab Jembrana menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) kerja.

Diklat diikuti masyarakat Jembrana yang terdampak Covid-19, dengan jumlah pelatihan 10 jenis yang terbagi dalam 16 paket. Diklat dibuka oleh Asisten III Setda Jembrana I Ketut Kariadi Erawan mewakili Bupati I Putu Artha, di Aula Jimbarwana Pemkab Jembrana, Senin (12/10). Hadir di acara tersebut, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSPTK) Jembrana I Komang Suparta, Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Jembrana Ni Nengah Wartini, serta Kepala UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Jembrana Sonny Suprapto.

Komang Suparta menyampaikan, tujuan diklat guna meningkatkan daya saing bagi tenaga kerja, serta menumbuhkan jiwa entrepreneur masyarakat untuk membuka usaha baru secara mandiri. “Pelaksana diklat adalah UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas PMPTSPTK Jembrana bekerja sama dengan lembaga pelatihan kerja (LPK) khususnya LPK OTC Kabupaten Jembrana,” jelasnya.

Komang Suparta menambahkan peserta diklat tahap pertama ini adalah masyarakat Jembrana yang terdampak Covid-19. Total peserta sebanyak 240 orang, dengan 10 jenis pelatihan yang terbagi dalam 16 paket, masing-masing paket berjumlah 16 orang. Di antaranya, pelatihan barista 32 orang, bartender 32 orang, mengemudi 32 orang, hidroponik 32 orang, barbershop 32 orang, desain grafis 16 orang, tata kecantikan 16 orang, garmen 32 orang, desainer 16 orang, dan teknik las 16 orang.

Sambutan Bupati Artha yang dibacakan Kariadi Erawan, mengapresiasi diklat bagi tenaga kerja yang di-PHK untuk kembali bangkit guna meningkatkan kemampuan, kompetensi, dan produktivitas kerja. Sehingga nantinya menjadi pengusaha-pengusaha muda tangguh, memiliki jiwa entrepreneur, serta secara langsung dapat memenuhi kebutuhan keluarga yang bermuara pada kembali menggeliatnya perekonomian di Jembrana.

“Bagi seluruh peserta diklat, agar mengikuti pelatihan ini dengan baik, maksimal dan tetap mengutamakan sisi kesehatan, karena diklat dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Selalu kedepankan protokol kesehatan dengan 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Serta menjaga kesehatan dan berkonsentrasi penuh untuk menyerap seluruh materi yang diberikan sehingga semuanya dapat melaksanakan diklat dengan baik,” ucapnya.

Bupati Artha juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada LPK di Kabupaten Jembrana dan para instruktur pelatihan.

Satu peserta diklat, Dewa Ayu Putu Trisna Yeni Antari yang mengikuti pelatihan barista, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Jembrana. “Dengan adanya diklat ini, kami dapat meningkatkan kemampuan diri, sehingga nantinya dapat bersaing di dunia kerja. Serta dapat menjadi pengusaha-pengusaha muda tangguh di Kabupaten Jembrana,” ucapnya. *

Komentar