nusabali

Disdikpora Denpasar Rilis Aplikasi Lentera Denpasar

  • www.nusabali.com-disdikpora-denpasar-rilis-aplikasi-lentera-denpasar

DENPASAR, NusaBali
Dinas Pendidikan Kota Denpasar bekerjasama dengan PT Sudasa merilis aplikasi Lentera Denpasar, Senin (12/10).

Aplikasi ini merupakan media pembelajaran jarak jauh yang bisa digunakan dalam masa pandemi Covid-19. Untuk sementara, aplikasi ini hanya digunakan pada jenjang pendidikan SMP.


Ketua MKKS SMP Kota Denpasar, I Wayan Murdana, saat dihubungi mengatakan ini merupakan program inovasi untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh atau daring. Dengan menggunakan aplikasi ini akan ada standarisasi dalam pembelajaran daring di Denpasar.

Sementara itu, Kabid Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, AA Gede Wiratama, mengatakan secara umum, aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi pembelajaran pada umumnya. Dalam aplikasi ini terintegrasi dengan paket data internet sebesar 35 GB yang diberikan oleh pemerintah pusat. Dalam aplikasi ini terdapat data pokok sekolah, kurikulum sekolah termasuk jadwal pelajaran, absensi dan tugas. Juga memuat bank soal serta materi pelajaran.

Guru juga bisa melakukan ulangan harian, UTS, dan UAS secara online untuk siswa. Namun aplikasi ini masih berbayar, di mana siswa membayar Rp 50.000. “Karena berbayar kami tidak berani memaksakan. Kalau sekolah merasa itu bermanfaat banyak, bisa dipakai. Dinas hanya memfasilitasi, karena dalam situasi seperti ini sulit juga sekolah dan orangtua siswa nyari dana, dan kami di dinas juga tidak memiliki dana. Tapi secara manfaat ini sangat bagus,” katanya. *mis

Komentar