nusabali

Puluhan Warga Miskin Dilatih Hidroponik

  • www.nusabali.com-puluhan-warga-miskin-dilatih-hidroponik

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memberikan dorongan motivasi kepada puluhan KK miskin peserta pelatihan hidroponik di Balai Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Dusun Hyang Api, Desa Akah, Kecamatan Klungkung, Senin (12/10).

Kegiatan ini merupakan salah satu program Pemkab Klungkung untuk mengurangi angka kemiskinan. Bupati Suwirta mengatakan, banyak sekali warga miskin utamanya yang memiliki fisik sehat dan bugar merasa nyaman dengan kemiskinan karena banyaknya bantuan rutin yang diterima. Hal ini dirasakan kurang baik, sehingga Pemkab Klungkung berupaya merubah mindset/pola pikir para KK Miskin dengan cara memberikan motivasi dan pelatihan. Salah satunya adalah melalui program pertanian hidroponik masuk KK miskin yang merupakan program yang langsung menukik dan diyakini bisa meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan pelakunya.

Selain program tersebut, ada pula program kerja kapal di pesiar, entrepreneur masuk desa serta pelatihan kerja lainnya. Menurutnya semua program tersebut akan lebih bermanfaat ketimbang dengan memberikan bantuan pangan sembako. "Seperti dalam pepetah lebih baik memberikan kail bukan ikan," ujar Bupati Suwirta.

KK miskin yang memiliki tubuh sehat dan bugar akan dibekali dengan ilmu dan modal untuk berusaha dan menjadi maju. Setelah mendapatkan pelatihan, peserta akan terus dipantau, dibina dan hasil dari hidroponik nantinya akan dibantu dipasarkan oleh Pemkab Klungkung.

"Saat ini lahan pertanian sudah semakin berkurang, namun kebutuhan pangan terus meningkat seiring pertambahan penduduk, maka dari itu program Hidroponik masuk KK miskin akan sangat tepat untuk mengangkat perekonomian keluarga, apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini. Bersemangatlah dalam mengikuti pelatihan ini, dari hulu sampai hilir, kami akan terus membina dan memantau serta membantu pemasaran hasil dari pertanian hidoponik ini," ujar Bupati Suwirta.

Kepada para penyuluh pertanian, Bupati Suwirta meminta untuk terus berinovasi menciptakan ide-ide kreatif dalam mengatasi permasalahan dilapangan.

Kepala Dinas Pertanian IB Juanida mengatakan, kegiatan pelatihan hidroponik bagi KK miskin dilaksanakan dari tanggal 12-22 Oktober 2020. Total jumlah peserta sebanyak 100 orang, terdiri dari Desa Jumpai (7 orang), Kampung Gelgel (1 orang), Desa Gelgel (2 orang), Desa Tangkas (4 oréng), Desa Kamasan (10 orang), Desa Manduang (9 orang), Desa Selisihan (4 orang), Desa Tegak (15 orang), Desa Akah (12 orang) dan Desa Selat (34 orang). Narasumber berasal dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bali (BPTP Bali) yaitu kepala BPTP Bali Dr drh Made Rai Yasa dan penyuluh pertanian. Kegiatan pelatihan dibagi menjadi dari 5 angkatan, di mana setiap angkatan mengikuti pelatihan selama 2 hari. "Dalam pelatihan ini, KK Miskin diberikan uang saku dan uang transport," ujarnya.

Seluruh peserta juga mendapatkan bangunan hidroponik dari bahan baja ringan, rockwool, benih sayur, nutrisi serta alat ukur nutrisi. *wan

Komentar