nusabali

Perumda Tirta Tohlangkir Banjir Pengaduan

  • www.nusabali.com-perumda-tirta-tohlangkir-banjir-pengaduan

AMLAPURA, NusaBali
Perusahaan Umum Daerah (Perusda) Tirta Tohlangkir banjir pengaduan dari masyarakat. Penyebabnya air ke pelanggan macet.

Warga di Desa Pertima, Kecamatan/Kabupaten Karangasem dan sekitarnya hampir seminggu kesulitan air untuk kebutuhan sehari-hari. Demikian pula warga di Desa Ulakan, Kecamatan Manggis kesulitan air bersih karena aliran air bermasalah.  

Direktur Perumda Tirta Tohlangkir menindaklanjuti pengaduan masyarakat dengan terjun langsung mencari penyebab air macet ke pelanggan, Minggu (11/10). Hasil penelusuran ternyata pipa di Jalan Veteran Amlapura bocor. Direktur I Gusti Made Singarsi bersama petugas Perumda Tirta Tohlangkir langsung melakukan perbaikan. Hanya menunggu beberapa jam, seluruh pipa terisi penuh dan air langsung mengalir ke pelanggan di Banjar Jasri Kaler, Banjar Jasri Kelod, Banjar Jasri Tengah, Banjar Perasi Kauh, dan sekitarnya. “Saya melayangkan pengaduan tanpa bermaksud menyinggung perasaan, akhirnya kebocoran pipa ditemukan dan air mulai mengalir,” ungkap pelapor, I Gusti Ketut Panon.

I Gusti Ketut Panon mengapresiasi Perumda Tirta Tohlangkir cepat tanggap terhadap pengaduan masyarakat dengan langsung terjun ke lapangan. Pengaduan juga dilayangkan pelanggan dari Jalan Gunung Sari dan Jalan Sultan Agung karena air di Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, macet sejak tiga hari lalu. Direktur I Gusti Made Singarsi mengaku sangat mengapresiasi pengaduan masyarakat. Sehingga petugas mengetahui terjadinya masalah di lapangan. “Hanya saja kendalanya, mencari titik kebocoran pipa yang cukup lama, semakin cepat ditemukan kebocoran pipa semakin cepat mendapatkan penanganan,” kata I Gusti Made Singarsi.

Ditegaskan, petugas Perumda Tirta Tohlangkir hingga tengah malam melakukan survei mencari tahu titik kebocoran pipa. Pada tengah malam, tidak ada aktivitas, akan lebih mudah menemukan kebocoran pipa dengan cara mendengarkan suara air yang bocor. Dijelaskan, pipa bocor tidak selamanya ditandai airnya muncrat ke atas, banyak pipa bocor airnya terbuang ke bawah, terutama pipa yang di saluran got. Perumda Tirta Tohlangkir juga berkepentingan menekan kebocoran agar air tidak banyak terbuang. Pelanggan yang menemukan pipa bocor sebaiknya cepat melapor melalui WA Grup atau medsos agar lebih cepat dapat penanganan. *k16

loading...

Komentar