nusabali

Jumat Peduli, Bupati Artha Kembali Sambangi Warga Sakit

  • www.nusabali.com-jumat-peduli-bupati-artha-kembali-sambangi-warga-sakit

NEGARA, NusaBali
Kepedulian terhadap warganya yang kurang mampu dan sakit, kembali ditunjukkan Bupati Jembrana I Putu Artha.

Pada kegiatan rutin Jumat Peduli, Jumat (9/10), Bupati Artha didamping sejumlah pimpinan OPD Pemkab Jembrana mengunjungi rumah Ida Bagus Komang Oka, 70, di Desa Candikusuma, Kecamatan Melaya.

Gus Oka sendiri, sehari-hari merupakan pamangku Pura Dang Kahyangan Indra Kusuma,  yang kini tengah berjuang menghadapi stroke. Menurut penuturan anaknya, Ida Bagus Sandiyasa Manuaba, ayahnya mengalami stroke ringan sejak 4 tahun yang lalu. Dengan melaksanakan terapi dan pengobatan yang rutin,  ayahnya sempat sembuh seperti sediakala dan bisa beraktivitas seperti biasa lagi.

“Namun, saat rahina Purnama sebelum Hari Raya Galungan, bapak melaksanakan persembahyangan di pura. Saat mengaturkan upakara (banten), bapak terjatuh. Kemudian di rujuk ke Puskesmas Melaya, diketahui kembali terkena serangan stroke. Sekarang ini, sudah menjalani pengobatan dan terapi secara rutin,” ucap Gus Sandiyasa.

Selain menyambangi warganya di Desa Candikusuma, Bupati Artha juga mengunjungi 4 warga lainya di Desa Melaya yang juga dalam kondisi sakit, Jumat (9/10). Di antaranya di Banjar Pangkung Dedari, yaitu Kadek Rian,16, putra kedua dari Putu Suama dan Ketut Werti, yang mengalami kelainan epilepsi sejak lahir. Kemudian, Komang Arta Yasa,19, putra ketiga dari Ketut Sunentra dan Komang Sidarni, yang mengalami cacat diakibatkan terjatuh pada saat kelas 4 Sekolah Dasar.

Selanjutnya, Muhammad Hasdi,17, putra pertama dari Nurosid dan Aslamiah yang mengalami cacad sejak lahir. Kemudian yang terakhir disambangi Bupati Artha beserta rombongan, yaitu Suardi di Banjar Melaya Krajan, yang mengalami sakit stroke. Dalam setiap kunjungan tersebut, Bupati Artha yang turut didampingi istri, Ni Kade Ari Sugianti alias Nyonya Ari Sugianti Artha, juga menyerahkan bantuan sembako beserta sejumlah uang.

Di sela-sela kunjungan tersebut, Bupati Artha menyampaikan, kegiatan mengunjungi warga yang kurang mampu maupun warga yang tengah sakit  ini, rutin dilakukannya tiap hari Jumat. Kepada dinas terkait, Bupati Artha menginstruksikan untuk segera membantu dan memfasilitasi masyarakat yang sedang sakit tersebut, guna memeroleh penanganan medis dan terus didampingi selama proses pengobatannya.

"Saya minta kepada petugas kesehatan di bawah untuk memantau dan melakukan pendampingan kepada warganya yang tengah sakit. Tolong didampingi mereka  selama proses pengobatannya,” ujar Bupati Artha.

Di samping kesigapan petugas, Bupati Artha juga mengajak seluruh warga untuk selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, gerakan 3 M, sudah menjadi keharusan yang harus dilaksanakan oleh seluruh warga. “Menggunakan masker yang benar, Menjaga jarak, dan mencuci tangan setiap saat beraktivitas sehari-hari. Semoga bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dan kepada seluruh warga yang sakit semoga lekas sembuh," ucapnya.*

Komentar