nusabali

Siswa Kejar Paket C Dapat Ilmu Ketrampilan

  • www.nusabali.com-siswa-kejar-paket-c-dapat-ilmu-ketrampilan

AMLAPURA, NusaBali
Kabid PAUD dan PNF (Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal) Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem, I Nyoman Adil, membuka acara ujicoba pembelajaran kesetaraan di Satuan Pendidikan Sanggar Kegiatan Belajar (SP SKB) Karangasem, Jalan Ahmad Yani Amlapura, Jumat (9/10).

Program dari BP PAUD Dikmas Provinsi Bali ini rencananya berlangsung selama sebulan. Peserta kegiatan sebanyak 20 siswa dari SP SKB Karangasem. Para siswa kejar paket C dapat ilmu ketrampilan.

Kabid PAUD dan PNF Disdikpora Karangasem, I Nyoman Adil, mengatakan pelatihan yang diberikan sesuai bakat dan kemampuan siswa. Ada ketrampilan memasak dan lainnya. Nantinya tamatan siswa kejar paket C punya ketrampilan untuk cari kerja. Menurut Nyoman Adil, belajar di paket C kesannya hanya untuk belajar membaca, menulis, dan menghitung. Padahal siswa juga mendapatkan pendidikan ketrampilan atau vokasi untuk mengoptimalkan bakat siswa. “Dengan ketrampilan yang dimiliki tamatan kejar paket C punya bekal untuk bekerja atau buka usaha,” ungkap Nyoman Adil.

Nyoman Adil mengatakan, siswa kejar paket C dari SP SKB Karangasem dipilih untuk mengikuti pelatihan karena masuk sekolah model kesetaraan. Meski pandemi Covid-19, pendidikan ketrampilan tetap bisa jalan karena pesertanya dibatasi dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Kepala SP SKB Karangasem, I Nyoman Oka, sebagai narasumber memberikan pemahaman pentingnya memberikan pendidikan ketrampilan kepada siswa agar tidak jenuh hanya belajar membaca, menulis, dan menghitung. “Ketrampilan memasak dengan cara yang baik dan benar bisa dimanfaatkan untuk mencari kerja atau buka usaha,” kata Wayan Oka. SP SKB Karangasem cukup memadai untuk menggelar pelatihan. Ada asrama untuk tempat tinggal sementara. *k16

loading...

Komentar