nusabali

Antisipasi Demo, Polres Siapkan Dalmas

  • www.nusabali.com-antisipasi-demo-polres-siapkan-dalmas

GIANYAR, NusaBali
Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana mengecek kesiapan dari pasukan Kompi Dalmas (pengendalian massa) Polres Gianyar, bertempat di Lapangan Apel Endra Dharmalaksana pada Jumat (9/10/ 2020) pukul 11.00 Wita.

Langkah ini sebagai antisipasi pergerakan massa di wilayah hukum Polres Gianyar, menyusul pergerakan massa sudah terjadi di beberapa wilayah. Anggota Dalmas Polres Gianyar berjumlah 1 kompi terdiri dari 3 pleton Dalmas inti, 1 Pleton Raimas dan 1 Pleton Tim Negosiator. "Kami mengecek sejauh mana kesiapan petugas Dalmas Polres Gianyar. Terutama peralatan dan kesiapan fisik apabila dalam melaksanakan tugas saat diterjunkan untuk mengamankan sebuah aksi massa," jelas AKBP Dewa Adnyana.

Dikatakan, latihan pengendalian massa harus terus dilaksanakan untuk mempersiapkan fisik anggota serta menjaga kekompakan personel Dalmas Polres Gianyar. Sehingga pasukan ini dapat bertindak maksimal kepada masyarakat guna menciptakan keamanan dan ketertiban serta siap akan situasi terburuk.  “Pedomani selalu SOP dalam bertugas dan jangan sekali-kali underestimate dalam melaksanakan tugas pengamanan," pinta AKBP I Dewa Made Adnyana pada jajarannya.

Selain mengecek kesiapan personel Dalmas, Kapolres Gianyar juga mengecek personel dan peralatan antisipasi bencana alam. "Pengecekan ini dalam rangka sigap dan tanggap dengan kondisi cuaca yang mulai extrem," ujar Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana di dampingi Dandim 1616 Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro.

Apel kesiapan penanggulangan bencana dihadiri unsur Kodim 1616/Gianyar, Danyon Zipur 1818 /YKR Gianyar, Danki Mekanis 741/Gianyar, BPBD Kabupaten Gianyar, PMI, Damkar, Pol PP, Dinas Sosial Kab Gainyar  dan Personil Polres Gianyar.

Kapolres Gianyar selaku pimpinan apel menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengecekan kembali sarana prasarana dan kesiapan personil dalam mengantisipasi situasi bencana pada saat sekarang ini.

Kapolres Dewa Adnyana menjelaskan terkait situasi cuaca yang tidak menentu.  “Mudah mudahan tidak ada terjadi bencana apapun khusunya di wilayah Kabupaten Gianyar," ucapnya.

Kapolres juga menyampaikan apel kesiapan penanggulangan bencana khususnya yang tergabung dalam satgas penanggulangan bencana alam bahu membahu bersatu padu bersama masyarakat, Tujuannya, mengatasi, menangani dan menanggulangi kejadian bencana alam secara proposional dan professional dengan kesiap siagaan dan ketanggapan. “Kami semua saling bekerjasama dalam mengantisipasi penanggulangan bencana alam termasuk didalamnya pandemi Covid-19. Tidak ada saling menyalahkan mari Bersama bergotong royong  untuk mencari solusi terbaik untuk mendapat menghasilkan tujuan kita Bersama kehidupan aman, tentram dan damai," jelasnya. Disampaikan pula, pengecekan ini sudah sempat dilaksanakan beberapa waktu yang lalu namun kembali dilaksanakan untuk memastikan sarana dan prasarana dalam keadaan siap digunakan. *nvi

Komentar