nusabali

Disperindag Bali Fokuskan Penataan Pasar

  • www.nusabali.com-disperindag-bali-fokuskan-penataan-pasar

BANGLI, NusaBali
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangli fokuskan penataan fasilitas pasar di tahun 2021.

Sebab fasilitas pendukung di areal pasar masih minim, bahkan kondisinya kurang baik. Ada empat pasar pengeloaannya di bawah Pemkab Bangli yakni Pasar Singamandawa di Kecamatan Kintamani, Pasar Kidul di Kecamatan Bangli, Pasar Kayuamabua di Kecamatan Susut, dan Pasar Yangapi di Kecamatan Tembuku.

Kadisperindag Bangli, Wayan Gunawan, mengakui fasilitas pendukung yang tersedia di pasar masih kurang. Walaupun sudah tersedia namun kondisinya sangat memprihatinkan. Seperti toilet di Pasar Kidul yang jorok. “Toilet Pasar Kidul perlu perbaikan,” ungkap Wayan Gunawan, Jumat (9/10). Menurutnya, untuk keamanan perlu penambahan kamera pemantau (CCTV).

Wayan Gunawan mengatakan, pasar dianggap refresentatif jika semua fasilitas pendukungnya terpenuhi, terawat dengan baik, dan pengelolaannya profesional. Ditegaskan, pasar sebagai penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) sehingga upaya peningkatan pendapatan daerah wajib didukung pemerintah. “Jika fasilitasnya lengkap, pengunjungnya akan nyaman. Peningkatan kunjungan otomatis pendapatan parkir dan retribusi pedagang akan meningkat,” jelasnya. *esa

Komentar