nusabali

Pemkab Klungkung - Perusahaan Jalin Kerjasama

Jaga Kestabilan Harga Rumput Laut di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-perusahaan-jalin-kerjasama

SEMARAPURA, NusaBali
Komitmen Pemkab Klungkung untuk menjaga kestabilan harga rumput laut di Kecamatan Nusa Penida, mulai diwujudkan dengan menjalin kesepakatan dan kerjasama antara Pemkab Klungkung dengan PT Indonusa Algaemas Prima (IAP).

Kerjasama ditandai penandatanganan kesepakatan oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Direktur Perusahaan PT IAP Fandy Winyoto, di gedung Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Rabu (7/10).

"Lewat kesepakatan dan kerjasama ini, kami berupaya berbuat ditengah kesulitan warga dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Semoga kerjasama ini dapat meningkatkan pemasaran dan menjaga kestabilan harga rumput laut, sehingga berdampak pada pendapatan dan kesejahteraan petani rumput laut," ujar Bupati Suwirta.

Kerjasama dan kesepakatan ini berkaitan dengan standar rumput laut, penyediaan rumput laut dan distribusi pembelian rumput laut, dengan tujuan untuk meningkatkan pemasaran rumput laut yang dihasilkan petani serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani rumput laut.

Pemkab Klungkung berkewajiban memastikan ketersediaan rumput laut, melakukan pembinaan kepada petani rumput laut, dan mengkoordinasikan harga standar pasaran rumput laut. Kemudian, Pemkab berhak melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pemasaran rumput laut, menerima laporan tentang jumlah rumput laut yang akan dibeli, dan melakukan koordinasi terkait pemasaran rumput laut. “Memberikan kepastian harga dan distribusi adalah wujud kepedulian kami, maka kami cetuskan kerjasama ini, semoga hal ini menjadi langkah awal untuk mewujudkan kesejahteraan para petani rumput laut,” ujar Bupati asal Nusa Ceningan ini.  Selain itu untuk menkaga Kestabilan harga rumput Pemkab Klungkung juga menjalin Kerjasama dengan koperasi. *wan

Komentar