nusabali

Hujan 2 Hari Longsorkan Tanah

  • www.nusabali.com-hujan-2-hari-longsorkan-tanah

GIANYAR, NusaBali
Hujan disertai angin terjadi di Gianyar, Senin (5/10) - Selasa (6/10), hingga menimbulkan bencana alam.

Antara lain,  tanah longsor dan pohon tumbang hingga menutupi badan Jalan Raya Payangan dan Jalan Raya Tampaksiring. Guna menangani bencana itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar mengerahkan lima anggota ke masing-masing lokasi.

Pelaksana Tugas Kepala BPBD Gianyar Ngakan Dharma Jati, Rabu (7/10), menjelaskan akibat hujan disertai angin selama dua hari itu menyebabkan beberapa bencana di wilayah Gianyar bagian atas. "Ada dua kejadian, yaitu di wilayah Desa Buahan, Kecamatan Payangan dan Desa/Kecamatan Tampaksiring," jelasnya.

Dia menyampaikan di masing-masing lokasi kejadian, pihaknya menerjunkan lima anggota untuk melakukan evakuasi. Selain petugas BPBD juga berkoordinasi dengan petugas PLN karena ada kabel listrik tertimpa pohon.

"Lima orang untuk tiap-tiap lokasi, kami hanya menerjunkan anggota  sambil membawa alat manual untuk tanah longsor (cangkul,Red). Sementara pohon tumbang evakuasi menggunakan sensor dan koordinasi dengan  PLN," paparnya.

Selain itu, di Desa Sumita, Gianyar terjadi tanah longsor menimpa saluran irigasi subak. Dari kejadian tersebut mengakibatkan terjadi penyumbatan saluran irigasi persawahan. Selanjutnya BPBD Gianyar juga mengambil tindakan langsung mengevakuasi atau penormalan saluran irigasi yang ditutupi oleh timbunan tanah longsor tersebut.

Kepada warga atau pemilik lahan diimbau agar untuk sementara waktu tidak mendekat kepada lokasi tanah longsor tersebut. Hal itu sebagai langkah guna menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. *nvi

Komentar