nusabali

Stabilkan Harga Rumput Laut, Pemkab Gandeng Perusahaan

  • www.nusabali.com-stabilkan-harga-rumput-laut-pemkab-gandeng-perusahaan

SEMARAPURA, NusaBali
Guna menjaga kestabilan harga dan meningkatkan pemasaran rumput laut produksi para petani di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Pemkab Klungkung menggandeng atau bekerjasama dengan Perusahaan PT Indonusa Algaemas Prima (IAP).

Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan kesepakatan oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dengan Direktur Perusahaan PT IAP Fandy Winyoto, di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Selasa (6/10).

Materi kerjasama terkait standar rumput laut, penyediaan rumput laut, dan distribusi rumput laut. Perjanjian Kerjasama ditandatangani Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung.

Bupati Suwirta mengatakan, kerjasama ini dicetuskan Pemkab Klungkung sebagai bentuk kepedulian dan upaya pemerintah dalam menjaga kesejahteraan warga utamanya para petani ditengah Pandemi Covid-19. Pariwisata yang beberapa tahun belakangan menjadi sektor utama mata pencaharian di Kecamatan Nusa Penida, telah mengalami keterpurukan akibat pandemi covid-19. Warga pun kembali antusias menekuni budidaya rumput laut yang mengakibatkan terjadinya fluktuasi harga. "Lewat kesepakatan dan kerjasama ini, Pemkab berupaya berbuat ditengah kesulitan warga dalam menghadapi Pandemi Covid-19," katanya.

Diharapkan, dengan langkah ini akan dapat meningkatkan pemasaran dan menjaga kestabilan harga rumput laut. Sehingga berdampak pada pendapatan dan kesejahteraan petani rumput laut.

Dihari yang sama, Pemkab Klungkung juga melakukan kerjasama dengan PT Jasa Raharja Cabang Bali (JRCB) tentang penanganan dan penyelesaian santunan korban kecelakaan penumpang angkutan umum dan lalu lintas jalan. Maksud dari kesepakatan nersama ini dalam rangka meningkatkan kecepatan penanganan dan pendataan korban yang

mengalami kecelakaan lalu lintas. Dengan kerjasama ini diharapkan akan memudahkan proses pendataan, pelayanan kesehatan serta penyelesaian santunan bagi korban.

Bupati Suwirta mengatakan, semenjak berkembang pesatnya pariwisata serta peningkatan pembangunan infrastuktur utamanya jalan di Nusa Penida, telah terjadi penambahan kasus kecelakaan lalu lintas. "Kerjasama ini merupakan bentuk pemberian perlindungan kepada masyarakat pengguna jalan. Namun masyarakat dihimbau untuk tetap berhati hati dan waspada dalam berkendara," ujar Bupati asal Nusa Ceningan ini.

Kesepakatan selanjutnya ditindaklajuti dengan penandatanganan kerjasama Pemkab Klungkung yang ditandatangani oleh UPTD RSUD Gema Santi Nusa Penida dengan pihak JRCBali. Hadir dalam penandatanganan kesepakatan dan kerjasama ini Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra. *wan

Komentar