nusabali

Klopp Mulai Cemas

MU dan Liverpool Dibantai di Awal Liga

  • www.nusabali.com-klopp-mulai-cemas

Akan ada laga-laga seperti ini dalam beberapa pekan atau bulan ke depan. Pertandingan dengan hasil seperti ini harusnya tidak terjadi lagi.

LONDON, NusaBali

Manajer Liverpool Jurgen Klopp mulai agak cemas, timnya akan kena bantai lagi jika tidak segera bereaksi dengan tepat pasca pembantaian 7-2 oleh Aston Villa, Minggu malam waktu setempat atau Senin (5/10) dinihari Wita. Namun sebelum Liverpool dan Manchester United (MU), runner up Manchester City merasakan lebih dulu usai dipermalukan Leicester City 2-5 di Etihad Stadium.

Aston Villa mencetak empat gol pada babak pertama dan tiga gol di babak kedua. Padahal  mereka hanya mencatatkan 30 persen penguasaan bola sepanjang laga.  Hal itu juga jadi pertama kalinya The Reds kebobolan tujuh gol dalam laga kompetitif sejak 1963. Mereka juga jadi juara liga Inggris pertama yang kemasukan tujuh gol dalam satu pertandingan liga dalam 67 tahun terakhir.

Ya, memang sangat mengejutkan, The Reds diluluhlantakkan The Villans, dengan berondongan tujuh gol saat berupaya mempertahankan gelar juara Liga Primer Inggris musim ini. Beberapa saat sebelumnya, MU dipermalukan 1-6 di kandang sendiri oleh Tottenham Hotspur, yang kini ditangani mantan manajer MU Jose Mourinho.

Juergan Klopp pun menegaskan, dia tidak bisa berkata apa-apa lagi usai laga. Dia pun enggan marah-marah terhadap anak-anak didiknya. Namun, pria Jerman itu menuntut agar skuadnya memberi respons positif saat menghadapi laga berikutnya.

"Apakah ini hanya sekali? Saya ingin berpikir begitu, akan tetapi buktinya akan ada [laga-laga seperti ini] dalam beberapa pekan atau bulan ke depan. Pertandingan [dengan hasil] seperti ini harusnya tidak terjadi lagi," kata Klopp.

Klopp pun bersikeras tak mau menyalahkan Adrian San Miguel, tetapi mengakui blunder kiper pelapis itu mempengaruhi jalannya laga. Klopp mengutarakan kekecewaannya atas reaksi para pemain Liverpool atas gol pembuka keunggulan Villa yang diakibatkan blunder Adrian saat laga baru berjalan empat menit.

Setelah blunder Adrian, Liverpool berusaha bangkit menekan Villa tetapi upaya itu tak membuahkan hasil. Garis pertahanan tinggi sukses besar dimanfaatkan Villa mencetak gol demi gol ke gawang The Reds. Lalu ditambah penampilan buruk hampir seluruh pemain Liverpool yang kerap kehilangan bola.

Selain tampil buruk, Klopp juga menilai Liverpool tak beruntung sebab tiga dari tujuh gol Villa terjadi dalam situasi bola terlebih dulu membentur pemain sehingga arahnya mengecoh Adrian.

Kapten Liverpool Virgil van Dijk menyerukan agar timnya tetap tenang, setelah kalah 2-7 dari Aston Villa. Meski hasil terburuk bagi Liverpool, Van Dijk tetap menyatakan rasa hormat pada Aston Villa. Dia meminta Liverpool segera bereaksi dengan tepat atas kekalahan tersebut.

Di laga berikutnya, Liverpool memainkan Derby Merseyside di markas Everton di Goodison Park. Kini Everton sedang berapi-rapi menyusul sapu bersih empat laga yang dilalui mereka dengan kemenangan. *ant

Komentar