nusabali

RI Dipastikan Resesi di Kuartal III

  • www.nusabali.com-ri-dipastikan-resesi-di-kuartal-iii

JAKARTA, NusaBali
Kemenko Bidang Perekonomian memprediksi pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi di rentang minus 2,9 persen hingga minus 1 persen pada kuartal III 2020.

Dengan proyeksi itu, maka Indonesia dipastikan mengalami resesi pada kuartal III 2020. Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan proyeksi titik tengah pertumbuhan ekonomi berada di minus 1,95 persen pada kuartal III 2020.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia kontraksi di kuartal II sebesar minus 5,32 persen, dan kemungkinan terkontraksi pula di kuartal III dengan kisaran minus 2,9 persen sampai dengan minus 1 persen, dengan titik tengah minus 1,95 persen," ujarnya dalam pembukaan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2020, seperti dilansir cnnindonesia.com, Senin (5/10).

Menurutnya, kontraksi ekonomi pada kuartal III 2020 dipicu oleh pembatasan sosial di sejumlah wilayah. Namun, ia meyakini kontraksi pada periode Juli-September membaik ketimbang minus pada April-Juni.

Indikator perbaikan itu, lanjutnya, yakni angka Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur dan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang lebih baik dibandingkan periode April-Juni.

PMI manufaktur tercatat sebesar 47,2, atau turun dari 50,8 pada Agustus. Posisi PMI ini lebih tinggi dibandingkan posisi PMI manufaktur pada April sebesar 27,5 maupun Juni di level 28,6.

"Dibandingkan ekonomi global, ekonomi Indonesia masih lebih baik dibandingkan beberapa negara, khususnya di Eropa dan Asia Tenggara," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga memastikan Indonesia mengalami resesi pada kuartal III 2020. Ia merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini dari minus 0,2 persen hingga 1,1 persen menjadi minus 0,6 persen hingga 1,7 persen.

"Ini artinya, negatif kemungkinan terjadi pada kuartal ketiga dan berlangsung pada kuartal keempat yang kita masih upayakan (pertumbuhannya) mendekati nol," ujar Ani, sapaan akrabnya.*

Komentar