nusabali

HUT TNI Ke-75 Digelar Sederhana di Buleleng

  • www.nusabali.com-hut-tni-ke-75-digelar-sederhana-di-buleleng

Kodim 16009/Buleleng mengagendakan lagi donor darah plasma konvalesen untuk membantu penyembuhan pasien Covid-19.

SINGARAJA, NusaBali
Acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kabupaten Buleleng dilaksanakan secara sederhana dipusatkan di Makodim 1609/Buleleng, Senin (5/10). Jika pada tahun-tahun sebelumnya dimeriahkan dengan pelaksanaan upacara dan parade prajurit, peringatan HUT TNI kali ini kali ini digelar secara virtual.

Meski demikian, kegiatan yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Kapolres Buleleng AKBP I Made Sinar Subawa, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Singaraja I Gede Yuliartha, serta Kajari Buleleng I Putu Gede Astawa ini tetap berjalan dengan khidmat. Acara pun diwarnai dengan pemotongan tumpeng.

Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto mengungkapkan, di masa pandemi ini TNI dituntut agar bisa bersinergi dalam penanganan Covid-19. Sejauh ini, TNI telah berupaya untuk membantu masyarakat. Salah satunya melalui pembagian paket sembako, bedah rumah, dan yang baru saja dilangsungkan pada Sabtu (3/10) lalu, adalah donor darah plasma konvalesen.

Windra Lisrianto menambahkan, hingga saat ini pendonor darah plasma konvalesen di Buleleng berjumlah puluhan orang. Sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 di Buleleng mencapai ratusan orang.

Oleh karena itu ia bersama jajaran prajurit TNI akan berupaya agar bisa menambah pendonor untuk dioptimalkan dalam penanganan Covid-19.

"Sesungguhnya ada 700-an pasien Covid-19 yang sembuh di Buleleng. Namun untuk menyentuh hati para penyintas untuk mendonor itu harus konsisten agar mereka bersedia. Nanti kami akan upayakan terus mendekati. Karena satu orang darah yang diambil bisa menolong banyak orang yang terinfeksi virus ini," imbuhnya.

"Ke depan, bersama jajaran Polres Buleleng dan Pemkab Buleleng kami juga akan melaksanakan kembali donor darah plasma konvalesen tersebut. Melalui donor ini bisa membantu penyembuhan pasien yang terinfeksi Covid-19," tandas dia.

Sementara itu, Wabup Sutjidra memberikan apresiasi atas sinergitas TNI bersama komponen pemerintah dan sejumlah instansi terkait. Sinergitas tersebut dinilai sudah berjalan sangat baik. Terkait kegiatan donor darah plasma konvalesen pun tengah diupayakan kembali. "Kami masih berkoordinasi dengan Gugus Tugas dan relawan-relawan dari penyintas tersebut untuk mau melakukan donor darah plasma konvalesen," kata Sutjidra.*cr75

Komentar