nusabali

PKK Cek Hasil Panen Bantuan Bibit Tanaman

  • www.nusabali.com-pkk-cek-hasil-panen-bantuan-bibit-tanaman

GIANYAR, NusaBali
Pada Februari 2020,  TP (Tim Pembina) PKK Provinsi Bali dan TP PKK Kabupaten Gianyar, turun ke desa-desa untuk melaksanakan program Hatinya PKK.

Kegiatan ini dengan dana APBD Gianyar dan dana bantuan dari TP PKK Provinsi Bali,  TP PKK Kabupaten Gianyar menggelontor pelbagai jenis bantuan bibit tanaman.

Bibit tersebut ditanam di pekarangan rumah.  Setelah hampir sembilan bulan, tanaman tersebut telah tumbuh dan memberikan manfaat bagi kesejahteraan keluarga. Untuk memantau perkembangan bantuan bibit yang telah diberikan, TP PKK Kabupaten Gianyar telah melakukan monitoring dan evaluasi (monev) ke 24 desa yang telah mendapatkan bantuan tanaman Hatinya PKK. Monev selama tiga hari berturut-turut, sejak 21 - 23 September 2020.

Hasilnya sangat menggembirakan. Selain sudah panen, tidak sedikit dari PKK desa sudah mulai pembibitan ulang. Hal itu ditegaskan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra, dalam acara webinar (seminar virtual/online) Pemanfaatan Tanaman Hatinya PKK Untuk menunjang Peningkatan Pendapatan keluarga di Masa Pandemi Covid 19, di Command Center Kantor Bupati Gianyar, Sabtu (3/10).

Pada kesempatan itu, Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengucapkan terimakasih atas semangat masyarakat dalam memanfaatkan bibit tanaman yang diberikan. Seperti di Kelurahan Samplangan selain bantuan bibit, warga PKK khususnya secara swadaya menambah jenis tanaman yang ditaman. Tidak sedikit yang mempunyai lahan sempit, mereka menata pekarangan menggunakan rak bertingkat. “Saya sangat berterimakasih atas semangat masyarakat, bahkan ada warga di Desa Singakerta, Kecamatan Ubud, berhasil membuat tanaman persilangan antara terong kokak, terong ungu, terong putih, dan tomat yang ditempel dalam satu pohon,” kata Ny. Adnyani Mahayastra bangga.

Melihat semangat itu, istri Bupati Gianyar Made Mahayastra ini kembali ingin mengajak masyarakat untuk memanfaatkan atau mengolah hasil panen menjadi sesuatu produk yang bermanfaat bahkan mempunyai nilai jual. Webinar diikuti anggota TP PKK desa/kelurahan, PKK Kecamatan, organisasi wanita di Kabupaten Gianyar.

Ny Surya Adnyani Mahayastra mencoba membagi ilmu pada masyarakat dengan menghadirkan narasumber Prof Dr Ir I Wayan Suparta MS, Tim Ahli Pembangunan Bupati Gianyar. Dengan membawakan materi Budidaya Tanaman Hatinya PKK Guna Meningkatkan Perekonomian dan Pendapatan Keluarga. Narasumber lain, praktisi lingkungan hidup Ir Ida Ayu Rusmarini MP dengan materi Pengolahan dan Pemanfaatan Tanaman Hatinya PKK Dalam Menjaga Serta Meningkatkan Imun Keluarga Dalam Menghadapi Situasi Pandemi Covid 19.

“Beragam bibit yang kami berikan agar tidak hanya dimanfaatkan begitu saja, seperti dipakai sayur, ataupun sebagai bumbu dapur. Namun bisa juga diolah menjadi produk lain yang tentu saja tidak mengubah nilai gizinya,” jelas Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Dirinya mengingatkan kepada seluruh peserta tentang konsep taman Hatinya PKK , yaitu menata halaman pekarangan menjadi asri, teratur, indah dan nyaman. Hendaknya bantuan tanaman yang diberikan jangan ditanam di halaman belakang rumah, namun ditata menjadi taman di halaman rumah. Ikut pada webinar, Wakil Ketua 1 TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Diana Dewi Agung Mayun, Kadis PMD (Pembinaan Masyarakat dan Desa) Gianyar Dewa Ngakan Ngurah Adi dan pengurus TP.PKK Kabupaten Gianyar. *nvi

Komentar