nusabali

Sehari, Bank Sampah Keramas Terima Tabungan Sampah Rp 1 Juta Lebih

  • www.nusabali.com-sehari-bank-sampah-keramas-terima-tabungan-sampah-rp-1-juta-lebih

GIANYAR, NusaBali
Pembinaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar secara konsisten menjadikan masyarakat makin  serius mengelola sampah secara baik dan benar.

Antara lain, warga Desa Keramas, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, berhasil mengumpulkan sampah 851 kg melalui kegiatan transaksi Bank Sampah Keramas Kedas di semua banjar, Minggu (4/10). Proses transaksi sampah di bank sampah setempat dipandu Konsultan Lingkungan dari DLH Gianyar I Ketut Suarnaya. 851 kg sampah pelbagai jenis tersebut bernilai Rp 1.089.400. Ketut Suarnaya mengatakan, sehari sebelumnya, Sabtu (3/10) pukul 08.30 Wita, Tim Pembinaan Kebersihan dari DLH Gianyar mengadakan Bimtek Peningkatan Kapasitas dan SDM Kader Bank Sampah Desa Keramas. Bimtek ini untuk menyemangati masyarakat agar terus memilah sampah serta menegaskan ulang tentang harga sampah sesuai golongan di bank sampah.  

Ketua Bank Sampah Keramas Kedas, Desa Keramas, I Gusti Ayu Ketut Widiasih mengatakan, kegiatan bank sampah ini serentak di enam banjar. Yakni, Banjar Maspahit, Lebah, Lodpeken, Biya, Gelgel, dan Palak. Keserentakan karena sebelumnya ada perayaan Galungan, Rabu (16/9) dan Kuningan, Sabtu (26/9), tentu terjadi peningkatan volume sampah. ‘’Jika tanpa bank sampah ini, kami khawatir sampah yang sudah terkumpul dan terpilah itu, makin menumpuk. Jelas tak baik untuk kesehatan,’’ ujarnya.

Jelas Widiasih, penyetoran sampah di semua bank sampah oleh warga mulai pukul 09.00 Wita - 12.00 Wita. Jenis sampah terbanyak yakni jenis kertas buku bekas, plastik, botol minuman, dan kardus.

Plt Kepala DLH Gianyar I Wayan Kujus Pawitra mengakui, kesadaran masyarakat di Gianyar untuk mengelola sampah secara baik dan benar semakin meningkat. Hal ini ditandai semangat warga dalam mengumpulkan dan memilah sampah, lanjut menyetorkan ke bank sampah di setiap desa atau banjar, semakin meningkat. ‘’Semangat ini muncul karena kesadaran masyarakat dalam meningkatkan kualitas lingkungan dibarengi dengan penghargaan berupa tabungan di bank sampah,’’ ujarnya. Dia mengaku, DLH akan terus memandu masyarakat agar makin serius mengelola sampah secara baik dan benar dengan memanfaatkan bank sampah yang ada. *lsa

Komentar