nusabali

Kasus Positif Covid-19 Fluktuatif, Warga Diminta Waspada

  • www.nusabali.com-kasus-positif-covid-19-fluktuatif-warga-diminta-waspada

DENPASAR, NusaBali
Penambahan kasus positif baru Covid-19 masih berfluktuasi. Per Minggu (4/10) tercatat 35 kasus baru, 19 pasien sembuh dan satu orang meninggal dunia di Kota Denpasar.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, saat dihubungi, Minggu (4/10) mengatakan untuk tambahan kasus positif Covid-19 berasal dari 19 desa/kelurahan yang mencatatkan penambahan kasus positif, yakni Kelurahan Pedungan dan Desa Ubung Kaja mencatatkan penambahan kasus tertinggi dengan 4 kasus positif baru. Disusul Kelurahan Tonja dan Kelurahan Sumerta yang mencatatkan penambahan masing-masing 3 kasus positif dan Desa Padangsambian Kelod, Desa Dangin Puri Kelod, Desa Sumerta Kelod, Desa Sumerta Kaja, Kelurahan Penguyangan dan Desa Dauh Puri Kaja mencatatkan penambahan kasus positif sebanyak 2 orang.

Sementara itu 9 desa/kelurahan mencatatkan penambahan masing-masing sebanyak 1 orang.  Sedangkan, sebanyak 24 desa/kelurahan tidak mencatatkan penambahan kasus positif baru. Untuk satu kasus pasien meninggal positif Covid-19 merupakan seorang perempuan umur 56 tahun dari Kelurahan Pemecutan, Denpasar Barat. Pasien tersebut diketahui meninggal saat dalam perawatan di RSUD Wangaya. Dewa Rai mengungkapkan, pasien yang meninggal tersebut sebelumnya pada 30 September 2020 masuk rumah sakit dengan keluhan batuk kering, dan sesak nafas. Pasien tersebut langsung dibawa ke RSUD Wangaya dan diswab test. Tanggal 2 Oktober 2020 hasil swab keluar, pasien dinyatakan positif Covid-19.

"Setelah itu 3 Oktober 2020 pasien mengeluh diare dan tampak sesak napas dilanjutkan dengan pemasangan oksigen. Di tanggal yang sama sesak napas pada pasien semakin berat, pasien bicara tidak jelas dan kacau, bahkan sempat mengalami gelisah," jelas Dewa Rai.

Sementara 3 Oktober 2020 pasien dinyatakan meninggal dunia pukul 13.05 Wita tanpa disertai penyakit bawaan. Rencananya jenazah pasien tersebut akan dikremasi 8 Oktober 2020 di Krematorium Taman Mumbul, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung.

Dikatakan Dewa Rai, dalam seminggu ini angka kasus kesembuhan dan kasus positif baru mengalami fluktuasi, oleh karena itu diharapkan kewaspadaan dan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan di masyarakat, mulai dari cuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak tetap ditingkatkan.  

Secara kumulatif kasus positif tercatat sebanyak 2.565 kasus, jumlah pasien sembuh di Kota Denpasar mencapai 2.282 orang (88,97 persen), meninggal dunia sebanyak 52 orang (2,03 persen), dan yang masih dalam perawatan sebanyak 231 orang (9,00 ). *mis

Komentar