nusabali

Cegah Klaster Corona, Bupati Eka Minta Sosialisasi SE Dimantapkan

  • www.nusabali.com-cegah-klaster-corona-bupati-eka-minta-sosialisasi-se-dimantapkan

TABANAN, NusaBali
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti memimpin rapat koordinasi (rakor) bersama seluruh unsur Forkopimda membahas penanganan Covid-19, Selasa (29/9).

Dalam rapat yang digelar secara virtual ini tidak ada kebijakan baru yang dibuat. Namun Bupati Eka meminta surat edaran yang sudah dibuat wajib disosialisasikan sampai tingkat bawah.  Selain dihadiri oleh seluruh unsur Forkopimda Tabanan, rakor tersebut dihadiri pula oleh Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, Sekda Tabanan I Gede Susila, para asisten, dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.

Dalam rapat tersebut, Bupati Eka sangat mengapresiasi seluruh unsur Forkopimda Tabanan dalam penanganan pandemi Covid-19 selama beberapa bulan terakhir. “Peran Forkopimda sangat luar biasa. Kembali lagi sosialisasi sangat penting, demi keamanan dan keselamatan kita bersama,” ujarnya.

Meskipun peran Forkopimda sudah bagus, ditegaskan mengenai surat edaran yang telah dikeluarkan baik dari pemkab, PHDI, dan pihak terkait harus ditindaklanjuti, dan diperkuat sampai lapisan terbawah, yakni di pemerintah desa dan desa adat. “Jadi harus disosialisasikan dengan baik, sehingga masyarakat lebih disiplin sampai lapisan tingkat bawah,” tutur Bupati Eka.

Selain itu seluruh jajaran diminta ekstra kerja keras untuk menertibkan dan mendisiplinkan serta menyamakan persepsi masyarakat agar pandemi ini tidak meluas.

Senada dengan Bupati Eka, Ketua DPRD I Made Dirga juga mengapresiasi peran seluruh Forkopimda dan seluruh jajaran di lingkungan Pemkab Tabanan yang telah bekerja dengan sangat luar biasa.

“Karena Bapak Dandim di lapangan, Bapak Kapolres, dan rekan-rekan Satpol PP ini luar biasa sekali. Pada intinya, kami lihat sistem ini sudah maksimal. Tinggal kita perlu mengevaluasi sistem itu. Kami harapkan kepada Bapak Sekda sebagai Ketua Harian Gugus di Tabanan ini mengevaluasi sistem tersebut,” kata Dirga.

Dirga juga meminta agar seluruh tim GTPP bisa memonitor sampai ke tingkat terbawah, baik dari tingkat kecamatan, desa hingga banjar harus dikoordinir dengan baik. “Kami mohon dengan hormat agar evaluasi ini dimaksimalkan kembali, apakah perlu disosialisasikan dan sebagainya agar masyarakat menyadari pentingnya menerapkan aturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah demi keselamatan bersama,” sarannya.

Sebelumnya, Sekda I Gede Susila mengatakan, kondisi Covid-19 di Tabanan selama seminggu terakhir makin meningkat. Untuk penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 di Tabanan, telah dilakukan secara maksimal. “Kami harapkan seluruh lapisan masyarakat lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah, sehingga penyebaran virus ini bisa diminimalisir,” ujar Sekda Susila. *des

Komentar