nusabali

Puan Minta Harga Tes Swab Diturunkan

  • www.nusabali.com-puan-minta-harga-tes-swab-diturunkan

Bila harga terjangkau masyarakat bisa melakukan tes swab mandiri

JAKARTA, NusaBali

Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah menurunkan tarif tes swab sebagai salah satu langkah pengendalian dan penanganan penyebaran Covid-19. Puan yakin, jumlah masyarakat yang melakukan tes swab mandiri akan meningkat saat harganya lebih terjangkau.

“Mengimbau pada pemerintah agar pelaksanaan tes swab harganya bisa diturunkan, ada standarisasi harga. Walau disesuaikan dengan tempat atau provinsi/kabupaten tertentu, kalau harganya diturunkan, ini akan mendorong masyarakat untuk melakukan tes swab secara mandiri,” ucap Puan melalui keterangan tertulisnya, Selasa (29/9).

Puan berkata, langkah menurunkan harga juga akan mengurangi beban negara untuk membiayai pelaksanaan tes swab masyarakat.

“Jika tarif tes swab lebih terjangkau, maka kesadaran masyarakat untuk memeriksakan dirinya akan meningkat, tanpa perlu kita paksa atau tanpa perlu dibiayai oleh negara, namun mempunyai kesadaran mencek dirinya untuk melaksanakan tes swab mandiri, “ ujar putri dari Ketua Umum PDIP Perjuangan, Megawati Soekarnoputri ini.

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dan meningkatnya tes swab, maka pengendalian penyebaran Covid-19 dapat dilakukan dengan hasil yang lebih baik.

“Terkait tes swab yang saat ini sudah mulai dilakukan massal, kalau nanti harganya diturunkan, bisa membuat masyarakat punya kesadaran untuk tes mandiri, itu akan lebih baik,” kata Puan.

Puan menegaskan, penanganan pandemi Covid-19 harus dilakukan secara menyeluruh dengan koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah.

Kesadaran masyarakat juga harus terus ditingkatkan dalam memutus mata rantai Covid-19, khususnya dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, mengenakan masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir.

“Saya minta penanganan Covid-19 punya standarisasi atau pakem yang jelas di seluruh Indonesia sehingga penanganannya akan bermanfaat dan secara komprehensif menjadi satu kesatuan gotong royong menangani Covid-19 secara menyeluruh,” ucap Ketua DPP PDI Perjuangan itu.

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyatakan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) telah mengeluarkan estimasi dan usulan terkait harga tes swab yakni untuk perseorangan atau mandiri sebesar Rp797 ribu dan untuk tes swab kontraktual diestimasikan sebesar Rp439 ribu per spesimen.

"Menyangkut masalah tes swab kami sampaikan bahwa BPKP telah memberikan estimasi harga untuk sifatnya kontraktual itu Rp439 ribu per spesimen," ujar Doni dalam konferensi pers usai rapat terbatas, Senin (28/9).

Doni berkata, estimasi angka itu masih terus dievaluasi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) saat ini.

Sebagai salah satu gambaran, hasil penelusuran cnnindonesia.com harga tes usap swab Rumah Sakit Mayapada Jakarta sebesar Rp1,5 juta. Bila memilih layanan itu, hasil tes akan keluar tiga hari setelah tes.

Jika hasil tes ingin keluar lebih cepat maka masyarakat bisa memilih paket senilai Rp2 juta. Hasil tesnya akan keluar keesokan harinya atau paling lambat dua hari setelah tes.

Namun, apabila masyarakat butuh hasil tes lebih cepat yakni 12 jam, mereka bisa memilih tes dengan harga Rp3 juta. Kemudian, RS Mayapada juga menawarkan tes swab senilai Rp3,5 juta dan hasil keluar enam jam setelah tes diterima di bagian laboratorium.

Berbeda, RS Mitra Keluarga hanya menawarkan satu paket untuk tes swab. Rumah sakit itu menawarkan tes dengan harga Rp1,5 juta. *K22

Komentar