nusabali

Bupati Suwirta Motivasi Universitas Mahadewa Indonesia

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-motivasi-universitas-mahadewa-indonesia

SEMARAPURA, NusaBali
Keberhasilan memimpin Kabupaten Klungkung menjadikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta kerap didaulat menjadi pembicara dari berbagai kalangan.

Tak hanya untuk kalangan swasta maupun pemerintahan, Bupati Suwirta  kerap jadi pembicara di tingkat nasional.

Bupati asal Dusun Ceningan, Nusa Penida ini, didaulat menjadi motivator pada kegiatan Ospek Mahasiswa Baru Universitas Mahadewa Indonesia, yang dilakukan melalui aplikasi video conference, dari ruang kerja Kantor Bupati Klungkung, Senin (28/9).

"Banyak jalan bagi seseorang untuk mengembangkan diri menjadi seseorang yang sukses. Hanya dengan diberikan kesempatan maka seseorang akan mampu mengembangkan dirinya menjadi sukses," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menyampaikan materi motivasi mengenai pembinaan kesadaran bela negara. Menurut Bupati kata ‘bela negara’ memiliki makna cinta, peduli, memiliki, bela pati, dalam hal membela negara. "Bela negara dapat dilakukan di kehidupan sehari-hari. Misalnya, membantu teman, memiliki rasa kepedulian terhadap kemiskinan, difabel, dan lain sebagainya," katanya.

Bupati Suwirta juga menyampaikan dirinya sudah melakukan berbagai cara mengaplikasikan bela negara. Di antaranya,  melalui program bedah desa, dan mencetak generasi muda yang berwawasan bela negara, dengan program pemberangkatan anak KK miskin bekerja ke kapal pesiar. "Namun karena Covid-19 rencana ini ditunda. Program entrepreneur masuk desa yang menjadi sasaran program ini adalah para generasi muda," katanya.

Dalam membuat program, Bupati lebih kepada mengubah mindset tidak hanya berpikir memberikan uang, memberikan sembako, dan dalam menjalankan program tersebut. Bupati membuat spirit, yakni Gema Santi, untuk memberikan semangat. Jadi apa pun, program yang dilaksanakan harus bermodalkan nilai-nilai kesantunan dan nilai-nilai inovatif. Dengan harapan, melalui spirit ini generasi muda dapat lebih santun dan inovatif berperan dalam program pemerintah. “Generasi muda jangan hanya bisa protes. Tetapi mari ikut berproses, berani keluar dari zona nyaman. Yakini bahwa semua orang mempunyai kesempatan yang sama,” pesan Bupati Suwirta.

"Berikan yang terbaik, tetapi jangan menjadi yang terbaik dan turunkan harga dirimu, biarkan orang lain yang menaikkan harga dirimu dibandingkan kamu menaikkan harga dirimu tetapi diturunkan oleh orang lain. Hal ini merupakan pedoman yang saya gunakan dalam melayani masyarakat saya," imbuh Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta merupakan alumni IKIP PGRI tahun 1993 di Jurusan Biologi. Rektor Universitas Mahadewa Indonesia Dr I Made Suarta SH M Hum menyampaikan apresiasi kepada bupati yang sudah bersedia memberikan motivasi kepada mahasiswa baru. “Semoga motivasi yang diberikan dapat dijadikan inspirasi dalam terus berusaha meraih impian para mahasiswa ke depan,” harapnya.

Ospek mahasiswa baru ini bertema "Melalui Ospek Mahasiswa Baru Kita Tingkatkan Pendidikan Karakter Untuk Melawan Pandemic Covid-19 dan Mematuhi Protokol Kesehatan".

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Prof Dr Agus Setyo Budi MSc, para dosen, staf, panitia, para mahasiswa baru dan undangan. *wan

Komentar