nusabali

25.651 Keluarga Dapat Bansos Beras

  • www.nusabali.com-25651-keluarga-dapat-bansos-beras

Bantuan beras akan disalurkan di sembilan kecamatan yang ada di Buleleng.

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 25.651 keluarga di Kabupaten Buleleng tercatat bakal menerima bantuan sosial (bansos) beras dari Kementerian Sosial RI. Jumlah tersebut merupakan keluarga yang terdaftar dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Buleleng. Berdasarkan data Kemensos RI, di tingkat nasional akan ada 10 juta keluarga yang menerima bansos ini.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, I Putu Kariaman Putra menyampaikan, bantuan beras akan disalurkan di sembilan kecamatan yang ada di Buleleng.  "Bantuan akan mulai disalurkan pada tanggal 1 hingga 5 Oktober nanti," ujar Kariaman, Senin (28/9).

Ia menambahkan, bantuan ini akan dijatah diberikan untuk tiga bulan berturut-turut, yakni pada Agustus, September, dan Oktober. Namun, penyerahan bantuan untuk Agustus dan September dilaksanakan sekaligus pada Oktober mendatang. Masing-masing KPM menerima 15 kilogram beras setiap bulannya. Sehingga, total masing-masing KPM akan menerima 45 kilogram beras.

Bantuan yang disalurkan melalui Dinas Sosial Buleleng tersebut, merupakan salah satu program Jaring Pengaman Sosial (JPS) di tengah pandemi Covid-19. Penyaluran program bantuan sosial ini menggandeng Perum Bulog sebagai pemasok beras. Sehingga, penyediaan beras dan pendistribusian dilakukan oleh Bulog.

Beras yang didistribusikan untuk para KPM adalah jenis medium yang merupakan stok gudang Bulog. "Total ada sekitar 1.154 ton lebih beras Bulog nantinya yang akan disalurkan dalam program bantuan sosial ini," imbuh Kadis Kariaman.

Penyaluran bantuan beras juga akan dikawal para pendamping PKH di masing-masing kecamatan. Beras yang ada di gudang Bulog akan disalurkan ke titik-titik bagi yang sudah disepakati antara penerima dengan mitra transporter dan Dinas Sosial. Titik itu bisa di Balai Banjar atau di Balai Desa setempat.*cr75

loading...

Komentar