nusabali

Masih Pandemi, Ngerebong Dilaksanakan Secara Ngubeng

Tak akan Ada Prosesi Ngurek

  • www.nusabali.com-masih-pandemi-ngerebong-dilaksanakan-secara-ngubeng

DENPASAR, NusaBali
Untuk pertama kalinya, prosesi Upacara Ngerebong di Pura Agung Petilan Kesiman, Denpasar Timur yang rencananya dilaksanakan pada Redite Pon Medangsia, Minggu (4/10) harus dilakukan ngubeng. 

Ini sesuai keputusan Paruman Desa Adat Kesiman untuk mengantisipasi terjadinya cluster baru penyebaran Covid-19  saat upacara.

Plt Bendesa Adat Kesiman, I Wayan Sukana saat dihubungi, Minggu (27/9) mengungkapkan, prosesi Pangrebongan kali ini, pihaknya tidak melaksanakan upacara seperti biasanya. Upacara hanya dilakukan Ngubeng sesuai dengan kesepakatan pengurus desa adat.

Menurut Sukana, Pangrebongan saat ini tidak menggunakan prosesi upacara seperti bagaimana mestinya. Namun, yang berjalan saat prosesi adalah upacara yang nantinya diatur oleh para pemangku. "Biasanya kan ada ngurek, ngider bhuana, terus nedunang Ida Bhatara. Sekarang itu tidak dilaksanakan prosesinya, jadi hanya dilakukan secara sederhana," jelasnya.

Sukana mengungkapkan, kendati prosesi upacara ditiadakan namun rangkaian upacara dengan menggunakan upakara masih tetap dilakukan.  Ngerebong yang biasanya diawali dengan membawa pralingga terlebih dulu ke Pura Musen untuk nunas pesucian, yang dilanjutkan berbalik arah menuju Pura Penataran Agung Petilan, Kesiman untuk persembahyangan dilakukan oleh banyak warga tetapi sekarang disederhanakan.

Pasucian hingga persembahyangan tetap dilakulan tanpa nedunang pralingga dan tidak melibatkan banyak warga. "Yang jelas pemangku dan prajuru yang akan melaksanakan upacara itu dengan upakara tanpa prosesi nedunang pralingga di masing-masing banjar. Jadi di pura juga hanya pemangku yang muput," imbuh mantan Sekretaris Disdikpora Kota Denpasar ini.

Menurut Sukana, kendati Pangrebongan ngubeng, dia dan prajuru tidak melarang bagi warga yang ingin bersembahyang ke Pura Agung Kesiman Petilan. Namun, masyarakat yang ingin sembahyang diwajibkan untuk melaksanakan protokol kesehatan dengan baik untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. *mis

loading...

Komentar