nusabali

Pembobol Rumah Perbekel Dencarik Dihajar Massa

  • www.nusabali.com-pembobol-rumah-perbekel-dencarik-dihajar-massa

Pelaku Kletak sempat melarikan diri dan bersembunyi di plafon rumah salah satu warga namun berhasil tertangkap dan dihajar oleh warga.

SINGARAJA, NusaBali

Warga asal Banjar Pangkung Desa Sinabun Kecamatan Sawan, Buleleng, diamuk massa sehingga mengalami luka di bagian kepala dan tubuhnya, Sabtu (26/9) dini hari Wita. Pria bernama Wayan Putrawan, 39, alias Kletak ini kepergok warga saat menyatroni rumah milik Putu Budiasa, seorang Perbekel Desa Dencarik, Kecamatan Banjar, Buleleng.

Informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 03.00 Wita. Saat itu, korban Putu Budiasa, 47, tengah tertidur kemudian mendengar ada suara dari belakang kamar. Korban mendengar ada seseorang yang mencongkel pintu jendela kamar suci miliknya. Korban yang terbangun kemudian melihat suasana di belakang rumahnya.

Begitu ke belakang rumah, Perbekel Budiasa melihat jendela kamar tersebut sudah dalam kondisi terbuka. Selang beberapa waktu kemudian terdengar teriakan maling dari warga sekitar yang saat itu sedang mengejar pelaku pencurian. Pelaku Kletak sempat melarikan diri dan bersembunyi di plafon rumah salah satu warga namun berhasil tertangkap dan dihajar oleh warga.

Usai tertangkap warga, pelaku Kletak langsung diamankan ke Mapolsek Banjar. Kapolsek Banjar AKP Made Agus Dwi Wirawan saat dikonfirmasi NusaBali membenarkan tertangkapnya pelaku pencurian di Desa Dencarik. "Betul ada pelaku pencurian yang kami amankan. Pelaku kami amankan beserta barang bukti, yakni satu buah tas kompak hitam berisi genta, satu set kunci pintu, dan pisau," bebernya, Minggu, (27/9).

Ia mengimbuhkan, saat pelaku Kletak diamankan, kondisinya sudah babak belur dihakimi massa. Warga nekat main hakim sendiri kepada pelaku karena geram desanya sering terjadi kasus pencurian sejak sebulan lalu. Kini usai diamankan, Kletak yang notabene residivis kasus pencurian yang baru saja bebas harus kembali meringkuk di balik jeruji besi tahanan Polsek Banjar untuk menunggu proses hukum.

Polisi kini sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut. Pelaku Kletek diduga telah melakukan aksinya di beberapa TKP. Diduga ia tidak sendirian saat menjalankan aksinya. "Kami sedang melakukan pemeriksaan lebih lanjut bersama Reskrim Polsek Seririt karena diduga ada beberapa TKP yang dijajah," tandasnya.

Sementara itu, Perbekel Budiasa mengakui sejak sebulan terakhir ia banyak menerima laporan warganya yang kemalingan. "Memang di desa kami sejak satu bulan terakhir kerap kali terjadi aksi pencurian. Adapun barang warga yang sempat hilang seperti sepeda, TV, HP dan barang berharga lainnya," aku pria asal Banjar Dinas Bajangan, Desa Dencarik Kecamatan Banjar, Buleleng ini.

Lantaran maraknya aksi pencurian yang terjadi di desanya dan berbagai desa di Banjar, pihak desa kembali mengaktifkan kembali roda malam dengan melakukan patroli keliling pada rumah-rumah warga. "Kami juga imbau warga untuk tetap waspada dan memastikan seluruh pintu dan jendela kamar dalam kondisi tertutup rapat dan terkunci saat meninggalkan rumah. Sehingga tak ada celah untuk aksi pencurian," tandasnya.*cr75

loading...

Komentar