nusabali

Denpasar Kembali ke Zona Orange

  • www.nusabali.com-denpasar-kembali-ke-zona-orange

DENPASAR, NusaBali
Setelah sebelumnya dinyatakan masuk zona merah Covid-19 karena adanya peningkatan kasus positif Covid-19, kini Kota Denpasar kembali ke zona orange.

Hal ini menyusul adanya peningkatan kesembuhan pasien positif Covid-19. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, I Dewa Gede Rai saat dihubungi, Minggu (27/9) mengatakan, persentase kesembuhan untuk pasien positif Covid-19 di Denpasar mencapai 91,2 persen, sehingga Denpasar kembali ke zona orange.

Dewa Rai mengatakan, dari 2.200-an pasien positif Covid-19, yang masih positif aktif yakni 170-an orang. Walaupun kasus kesembuhan meningkat, namun pihaknya masih akan tetap melakukan pemantauan protokol kesehatan dan penegakan Pergub Nomor 46 Tahun 2020 dan Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 48 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19).

Denda pun masih tetap diberlakukan bagi para pelanggar yang tak menggunakan masker sebesar Rp 100 ribu. “Berdasarkan arahan Walikota, kami akan pantau penerapan protokol kesehatan. Mengingat kasus masih ada, apalagi masih ada penularan,” ungkapnya.

Dewa Rai mengingatkan jangan sampai masyarakat lengah dan kembali terjadi gelombang kasus positif. Hal ini pun bisa berdampak pada status Kota Denpasar yang bisa kembali masuk zona merah. “Oleh karena itu harus disiplin. Apalagi masih banyak ada OTG yang harus tetap menjadi kewaspadaan bersama,” katanya.

Sementara itu, sebelumnya dikarenakan adanya lonjakan kasus, Denpasar masuk zona merah, beberapa fasilitas umum ditutup. Fasilitas umum yang ditutup tersebut yakni Lapangan Puputan Badung, Lapangan Lumintang, dan Taman Kota Lumintang.

Kini walaupun status Kota Denpasar sudah turun menjadi orange, namun fasilitas umum tersebut masih tetap ditutup. “Sementara lapangan masih kami tutup. Nanti kami evaluasi lagi berdasarkan perkembangan kasus yang terjadi,” kata Dewa Rai. *mis

loading...

Komentar